01 Februari 2015

Memperbaiki Kunci Kombinasi Kopor yang Macet


Kebetulan kunci kombinasi kopor yang kami punya tidak bisa dibuka sejak perjalanan terakhir. Sebenarnya saya masih yakin dengan nomor kombinasi 3 angka yang saya gunakan terakhir. Bahkan saya catat waktu itu. Tapi berhubung kunci tetap tak bisa dibuka, terpaksalah itu penjepit anak resluiting saya congkel. Yang penting isi koper bisa dikeluarkan, urusan kunci biar nanti nyari solusi lain. Nyatanya, sehabis itu masalah terlupakan sampai berbulan-bulan.

Ada sih salah satu trik yang saya dapat melalui mesin pencari dengan mencoba semua kombinasi angkanya satu demi satu dimulai dari 0-0-0. Tapi cara ini memiliki kelemahan: rasa pegal pada jari yang dipakai untuk menarik kenop atau apalah itu namanya. Maka, belum juga separuh jalan saya menghentikan cara ini.

Lalu, entah bagaimana ceritanya, malam ini saya tiba-tiba mendapat pencerahan setelah keluar dari toilet. Setelah saya pikir-pikir, mustinya ada jalan pintas dengan membongkar perangkat kunci tersebut.

Dan... Ternyata benar saudara sebangsa dan setanah air. Sangat mudah malahan. Tanpa rasa pegal tentu saja. Cukup bongkar dan setel ulang. Tak sampai 5 menit masalah teratasi.
Moral ceritanya: berterima-kasihlah kepada kamar mandi...

Tidak ada komentar: