29 Agustus 2014

Kunjungan Tanpa Sengaja ke Masjid Istiqlal

Lorong
 Jum'at yang lalu, kebetulan saya dan rekan pabrik tanpa sengaja mampir ke Masjid Istiqlal. Awalnya sih cuma mau nyari tumpangan kamar kecil tapi akhirnya numpang shalat, istirahat sebentar, dan iseng-iseng. Meski pernah beberapa kali mampir ke sini, tapi masjid yang menurut kabar terbesar di Asia Tenggara ini tetaplah mengesankan. Beginilah hasil pengamatan kurang gawean tersebut:

Masjid yang pembangunannya memakan waktu 17 tahun (dari 1961 hingga 1978) ini ternyata tidak dilengkapi pendingin ruang. Hal ini saya sadari karena kebetulan sedang ada angin yang bertiup dari luar kencang dan hangat. Tapi jangan sedih, tersedia kipas-kipas angin super besar di sana. 

Ruang utama shalat ternyata sangat luas dan tinggi sampai-sampai, menurut pemikiran iseng saya, kita bisa menerbangkan layang-layang di dalam ruang ini. Oh iya. Ruang shalat juga terdiri dari beberapa tingkat. Kalau tak salah sih 4 tingkat. Pantas saja kalau masjid ini mampu menampung 200.000 jamaah sekaligus

Sekeluarga yang sedang asik berfoto-foto
Semua serba staintes steel. Mulai dari tiang-tiang super besar dan tinggi, railing tangga dan pagar dalam ruang, pintu-pintu, tempat wudlu, hingga toilet jongkoknya. Yang terakhir agak aneh bagi saya sih. Pokoknya semua baja tahan karat.
Setidaknya ada 3 gratisan di sini: parkir, penitipan alas kaki dan toilet. Cukup dibayar seikhlasnya. Malah di penitipan septu ditulis besar-besar "penitipan gratis". Sayangnya, di toilet tetap dijaga seseorang tinggi besar yang sedang mengangkangi kotak amal sambil menggenggam setumpuk lebaran uang ribuan. Silahkan melewatinya tanpa permisi. :D
Oh, iya. Banyak jamaah yang berfoto selfie di dalam masjid. Ruang utama masjid, maksudnya. Baik perorangan maupun keluarga.

Omong-omong, masjid ini boleh diinapi jamaah ngga ya?

Alhamdulillah saya sudah insaf

2 komentar:

kw mengatakan...

menarik, megah dan bersih, cuman di depannya tetap ada yang jualan kalau hari jumat

Ipoul Bangsari mengatakan...

wah kalau itu sih penyakit umum :D