10 September 2013

Sandal Lily: Si Jadul yang Melegenda


Aha! Sandal Lily!

Ada yang masih ingat? Ups. Ketahuan deh jadulnya.

Ya. Konon sandal ini sudah populer di negeri ini pada tahun 70-an. Malah menurut kabar, sandal yang aslinya berasal dari Jepang ini sudah ada di Indonesia sebelum itu. Setelah pabrik aslinya tutup, sandal ini justru berkembang pesat secara nasional di sini hingga 80-an.

Namun begitu, saya baru mengenalnya di awal 90-an. Di kampung saya saat itu, alas kaki ini masih sangat populer dan dipuja. Begitu populernya hingga menjadi hal yang jamak bila seorang anak lelaki yang hendak dikhitan minta sarat berupa sandal ini. Begitu juga saat perayaan lebaran selain baju, sarung baru, sandal Lily diburu banyak orang. Tentu saja secara ekonomi tak mungkin ketiga item itu diminta pada tahun yang sama.

Nah. Lebaran kemarin, seseorang bertamu ke rumah kami mengenakan sandal unik ini. Setelah saya minta ijin, si empunya bercerita sedikit bahwa sandal jenis ini dia dapatkan di Kebumen. Toko-toko tertentu masih menjual barang yang semakin terbatas ini. Dan... dari mesin pencari saya juga baru tahu kalau ternyata ada website dan bahkan grup facebooknya.

Maka dari itu, bergembiralah para jaduler!

Link terkait:

  1. Sejarah sandal lily http://noorwansyah.blogspot.com/2010/12/sandal-lily.html.
  2. Website sandal lily http://www.sandal-lily.com/
  3. Grup FB pecinta sandal lily https://www.facebook.com/pages/pecinta-sandal-lily/131914033505699


4 komentar:

budiono mengatakan...

wah hwhwhwhwhwwwhw... asli ngakak haru bro, ternyata sandal favorit bapak saya di tahun 80an itu masih ada hingga jaman 2013 ini hwkwkwkwkw...

didut mengatakan...

wah baru tau soal legenda ini :)

Fuad NAHDI mengatakan...

iya nang bumen esih akeh kang sandal mbak Lily iki ahahha

Yeni Setiawan mengatakan...

Hail sandal Lily!
Dulu sandal lily baruku ilang pas sholat Ied, aku bali nyeker ngempet nangis =))