28 Februari 2011

Jejak Hujan

Di pagar baru rumah kontrakan.

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Kets

Ini jenis sepatu yang baru saya kenal setelah merantau ke Jakarta. Ndeso ya? :D

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Masker Pekerja

Sudah semestinya dikenakan di tempat berpolusi. Baik karena debu atau asap.

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Tukang Sapu Jalan

Berapa gaji mereka? Dengan kelakuan penghuni kota yang semau gue, mestinya mereka bekerja ekstra keras.
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Perdebatan Dua Sopir

Setelah insiden serudukan di tol bekasi, sopir mobil depan menghampiri sopir mobil belakang. Keduanya berdebat sebentar, lalu sepakat dan tidak berlanjut ke polisi. Urusannya ribet ntar, katanya. Saya tidak terbiasa dengan beginian dan memutuskan untuk duduk saja di dalam mobil.

Omong-omong, adakah pembeli mobil baru di Jakarta yang berani tanpa asuransi?
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Tidak Mungkin

Ngece. Ngenyek.

Guyonan njelehi dari orang keuangan. Lalu kemudian dia ambil kembali dengan sedikit ketakutan. Takut jumlahnya berkurang. :))
Diimpor dari bangsari.posterous.com

22 Februari 2011

Tisu Kakilima

Meski bukan tisu kelas bagus, setidaknya bukan tisu toilet gulung. Yah, namanya juga kaki lima. :D

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Tauge Kacang Ijo

Cocok untuk teman rawon. Saya suka menambahkannya ke dalam tahu campur, tahu telor hingga tahu petis. Rasanya kres-kres manis. Bukan karena ingin subur lho... :P

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Soto Kuning Gang Aut

Ada babat, usus, paru, kikil hingga daging sapi. Lalu disiram kuah bersantan kuning. Harga disesuaikan dengan pengambilan.

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Penjual Pisang

Sepertinyai pisang kepok. Beberapa sisir diantaranya terlihat sudah menghitam. Bisa jadi sudah tak bisa dikonsumsi.

Lokasi Gang Aut, Bogor
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Eks Jepang

Meski cuma AC Ekonomi, di hari libur kereta ini sungguh nyaman. Pakde Mbilung aja bisa sedang bernostalgia soal Jepan, suka naik kereta ini. Bentuk persis seperti di negeri asalnya sana. Mesin pemanasnya yang di bawah tempat duduk pun masih utuh. Bahkan semua petunjuknya masih dalam huruf kanji. :))

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Penumpang Kelas Atap

Hampir setiap hari, eh tidak ding. Ya pokoknya sering gitu lah. Saya menyaksikan penumpang di atap kereta komuter Jakarta-Bogor. Pagi atau sore hari. Bahkan di hari sabtu. Maklum, kontrakan saya berada di dekat jalur kereta.

Saya sendiri pernah melakukannya, tapi itu dulu. Dulu sekali semasa nak-kanak di kampung. Tapi di atap kereta berkabel listrik telanjang di atasnya apalagi setiap hari, itu sungguh-sungguh mengerikan! Edan!
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Permen Tanpa Huruf N

Generasi sebelum 90-an tentu familiar dengan Yosan. Permen karet yang pada setiap bungkusnya menerakan sebuah huruf kapital pembentuk kata permen ini. Barangsiapa bisa mengumpulkan secara lengkap huruf Y+O+S+A+N maka akan mendapatkan hadiah utama yang berupa, saya lupa.

Usut punya usut, huruf "N"-nya memang tak pernah diterbitkan. :D
Diimpor dari bangsari.posterous.com

21 Februari 2011

Nuansa Lama

Berlokasi di sebuah gang sempit. Tapi suasananya sungguh menggoda.

Rumah pengobatan perguruan Bangau Putih di Suryakencana Bogor

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Ojek Payung

Hujan belum lagi 5 menit berlangsung, mereka sudah muncul. Top!

Masih bercelana merah, atasan kaos. SD manakah di Jakarta yang sudah memulangkan muridnya pada pukul setengah sebelas pagi?
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Jakarta-Bandung

Satu lagi moda angkut Jakarta-Bandung. Kebanyakan orang menyebutnya travel. Orang dulu menganggap bukan, karena travel seharusnya menjemput dan mengantar hingga tujuan, kalau perlu sampai ke teras rumah.

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Terkuak, Terlepas, Kopek

Mungkin akibat kejahilan pengguna. Yah, namanya juga orang banyak.

Bangku plywood berlapis aluminium foil. Tepat di depan John & Song.  Diimpor dari bangsari.posterous.com

John & Song

Akhirnya ada yang buka. John & Song, bukan Son(s). Kaya kuwe lah song...

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Kepagian

Masih pagi. Toko-toko masih tutup, para penjaga belum datang, petugas pengamanan masih terlihat ngantuk dan hanya manekin yang masih setia berdiri.

Saya datang kepagian. Ndak tahu kalau yang namanya mal itu baru buka jam sepuluh. :D
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Telepon Umum

Apakah kehadiran telepon umum masih diperlukan pada era ponsel super duper murah sekarang ini?

Saya cenderung berpendapat tidak. Alasannya sederhana saja, saya tak ingat kapan terakhir memakainya yang mungkin lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Dan saya juga sudah lupa kapan terakhir melihat ada orang yang menggunakannya. Sebagian boks yang saya lihat malahan mangkrak, rusak atau hilang.

Jika di negeri tetangga hal yang beginian masih banyak penggunanya, dan bahkan diminati orang asing karena mudah digunakan untuk pemanggilan antar negara, mengapa kita tidak? Lalu bagaimana Telkom menutupi biaya operasionalnya?
Diimpor dari bangsari.posterous.com

18 Februari 2011

Kacamata Si Kecil

Keponakan yang sedang tidur. Lalu buliknya iseng-iseng memasangkan kacamata.

Foto ini diambil dengan kamera ponsel lain. Waktu pengambilan dan spesifikasinya lupa.
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Topeng Monyet Jalanan

Iya, benar-benar di jalanan. Tepatnya di perempatan Republika/Pejaten Village.

Sejak kapan topeng monyet mulai menyerbu ke jalanan ya? Dan bukankah monyet itu binatang yang dilindungi?
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Tertutup Rumput

Lazim ada di sebuah taman.

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Panja yang Tidak Bekerja

Gerendel sebuah mobil box.

Diimpor dari bangsari.posterous.com

17 Februari 2011

14 Februari 2011

Pantat Kipas Angin

Selalu ada pecinta angin. Meski sudah ada beberapa mesin pendingin ruangan.

Ada sedia di Rumah Langsat yang baru
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Daun berbintil

Mungkin telur serangga. Atau semacamnya lah.

Pohon mangga depan rumah.
Diimpor dari bangsari.posterous.com

09 Februari 2011

Roti

Roti, kue, cake, tar, saya tak bisa bedakan. Semua saya anggap roti. :D
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Susu Beruang

Setelah saya teliti, ternyata tulisan Susu Beruang itu tak pernah ada. :))

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Toko Kelontong

Menyediakan berbagai macam makanan kecil dan kebutuhan rumah tangga. Punya saudara jauh yang tinggal di Cilodong. Pokoknya di luar Jakarta lah.

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Pithi

Kami menyebutnya pithi. Eh, itu kan kalo kecil. Dalam bahasa indonesia, saya kurang paham.

Dagangan angkringan wetiga.com.
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Beda Pabrik

Coca Cola dan Teh Botol Sosro mestinya sih kurang akur. Buktinya Coca Cola membikin Frestea, untuk menandingi si raja teh kemasan botol ini. Bahkan di pasar tiban belakang pabrik yang digusur-paksa satpol PP (padahal mereka tak berandil menciptakan pasar), cara yang dipakai menurut saya terkesan barbar. Hanya Frestea dan sepabrikan yang diperbolehkan dijual di sana. Meski konsumen tetap menghendaki teh gendul. Hal yang sama juga terjadi di Taman Menteng. 

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Vital

Vital, dalam kamus bahasa indonesia berarti:

vi-tal: a sangat penting (untuk kehidupan dsb): jalan ini -- bagi kelancaran perekonomian daerah; komunikasi merupakan faktor yg -- dl masyarakat sekarang; .

Lalu bagaimana alat vital bisa bergeser makna menjadi barang yang "itu"?
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Lampu Bertisu

Untuk mengurangi cahaya. Lha kenapa ndak dimatikan saja? Eits. Bukan saya punya itu lampu. :D

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Trotoar Pemotor

Pemotor adalah pengguna jalan paling tidak tertib, kata seseorang di twitter. Mungkin benar. Saya juga sering menemui hal itu. Mulai dari naik trotoar, menerobos lampu merah, hingga memenuhi badan jalan.

Welcom to the junggle! :D
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Kupu-Kupu

Tiba-tiba teronggok di depan pintu rumah kontrakan pada suatu malam. Meski tak bergerak, sepertinya dia masih hidup. Besok paginya, dia menghilang.

Kelas, ordo, familia, genus, species? Waduh!
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Martabak

Tahunya saya yang namanya martabak itu ya terang bulan. Yang satu lagi baru disebut martabak telor. Suatu ketika saya pernah diolok-olok rekan karena perkara ini. :D

Konon, sebagian besar penjual martabak adalah orang Tegal. Bahkan mereka sampai punya semacam perkumpulan penjual martabak seluruh indonesia. Mereka berkumpul dan bertukar informasi setiap lebaran. Perkongsian yang hebat.

Lalu bagaimana dengan martabak bangka dan martabak mesir? Dalam hal ini saya kurang faham.
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Kaki Tante Ve

Kaki Tante Ve lagi nangkring di motor pada @obsat yang lalu. Tidak begitu jelas. Tentu. Kamera ponsel gitu loh.

Diimpor dari bangsari.posterous.com

Parrot Class

Kelas, ordo, familia, genus, species. Dulu tak bisa, sekarang apalagi. Untung bangku plastik membantu mengingatkannya. :P

Diimpor dari bangsari.posterous.com

01 Februari 2011

Kopiah Murmer

Mulai dari harga lima hingga belasan ribuan rupiah. Lalu, berapa margin keuntungan si pembuat atau penjualnya ya? Takjub.

Masih dari arena pengajian Nurul Mustofa.
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Wali

Poster yang paling kanan adalah, konon, gambarnya Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani. Bagi saya, tanpa mengurangi rasa ta'dzim, ini terasa agak sedikit mengherankan mengingat dalam kepercayaan salafus shalih (pengikut kaum terdahulu) cenderung mengharamkan gambar dalam bentuk apa pun. Mungkin ini menjadi pengecualian, saya kurang paham. Di kalangan kaum sufi, beliau dikenal sebagai Sulthon Al-Aulia yang kira-kira berarti sultan tau rajanya para wali (biasanya diartikan sebagai kekasih Tuhan).

Lalu, apakah ada hubungan antara poster para habaib di sebelah kiri dengan beliau? Silahkan menafsir sendiri. :D

Masih dari arena pengajian Nurul Mustofa.
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Penjual Gorengan (lagi)

Bukan bagian dari kegiatan besar ini. Kebetulan saja pengajian ini mengambil tempat di daerah dia mangkal. 

Masih dari arena pengajian Nurul Mustofa.
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Gurah Napas

Berguna untuk pengobatan, pernafasan, olah vokal (cocok bagi qori' dan qori'ah), juga membuat stamina ekstra. Bisa diminum, bisa ditetes ke mata. Semoga manjur...

Masih dari arena pengajian Nurul Mustofa.
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Keping Cakram

Hikmah kemajuan jaman. Teknologi semakin murah, semakin massal. Pesan pengajian menjadi abadi. Tentunya selama keping tidak rusak dan masih disuka.

Semoga bukan bid'ah. :D

Masih dari arena pengajian Nurul Mustofa.
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Parfum Murmer

Tanpa alkohol tanpa tambahan bahan lain. Ini biangnya, kata si penjual. Mau aroma bunga dan buah: jambu, jeruk, melati atau kenanga. Wangi Gatsby pun ada. Davidoff punya. Bvlgari Extreme kami sedia. Anna Sui oke. Spalding kaya di toko. Ada lagi, Bubble Gum. Pokoknya semua lengkap.

Saya beli satu. Lalu Omith protes. Baunya kaya minyak nyongnyong. Emang! :))

Masih dari arena pengajian Nurul Mustofa.
Diimpor dari bangsari.posterous.com

Majelis Nurul Mustofa

Peserta pengajian mulai berdatangan di awal waktu isya. Lalu jalan Poltangan - Pasar Rebo macet karena dipakai untuk duduk para jamaah. Sesuai dengan namanya, majelis.

Diimpor dari bangsari.posterous.com