18 September 2008

Traveller's Cheque

Belakangan istilah Travellers's Cheque (orang keuangan pabrik sering menyebutnya "TC"), atau disebut juga Cek Perjalanan, atau ada juga media yang menyebut Cek Pelawat, begitu sering terdengar. Itu makanan apa sih?

Menurut info yang saya terima dari orang keuangan, terdapat dua jenis cek dalam transaki perbankan. Cek (biasa) dan cek perjalan.

Secara sederhana, cek (biasa) adalah lembaran surat bank yang bisa digunakan untuk mengambil uang di bank. Cek dicairkan dengan cara mengurangi sejumlah uang dari rekening seseorang. Besarnya uang yang tertera pada cek jenis ini tergantung jumlah nominal yang diisi oleh pihak yang mengeluarkan (pemilik rekening). Inilah kelebihan cek jenis ini. Jumlah yang diterakan lebih fleskibel.

Masalahnya, karena ditulis manual, bisa saja terjadi ketidak-sesuaian antara jumlah tertulis dengan deposit yang tersimpan dalam rekening tersebut. Karena itulah bisa dimengerti, mengapa sampai ada kejadian pembayaran dengan cek kosong oleh PSSI tempo hari itu.

Sedangkan cek perjalanan tidak dicairkan dari rekening manapun, tapi langsung bisa diuangkan di bank yang mengeluarkan cek tersebut. Lha trus sumber uangnya didebet darimana? Pada kasus cek perjalanan, sumber dananya harus diserahkan pemohon di awal transaksi kepada bank penerbit. Istilah kasarnya, si pemohon harus membeli dulu sesuai satuan-satuan nominal tertentu (jutaan hingga ratusan juta). Plus tambahan biaya administrasi.

Sehingga, dari situ saja dapat diketahui kelebihan cek perjalanan di banding cek biasa. Kepastian bisa diuangkan. Makanya, cek perjalanan sudah menjadi alat bayar yang umum. Pasti, mudah, ringkas dan flesiksibel. Itulah sebabnya, pelaku penyuapan belakangan sering menggunakan cek jenis ini.

Lha, kok sampeyan tahu tentang TC? Ya maklum saja. Saya ini tukang wedang yang sering berperan juga menjadi kurir.

Jadi, kalau tulisan ini terasa kurang pas ya harap dimaklumi. Cuman bala dhupak gitu loh...

6 komentar:

mikow mengatakan...

jadi skrg dompetmu isinya TC ya pul?

iway mengatakan...

juragan, thr lebaran ini saya mau TC aja ya buat mudik, ntar tak pamerin orang di kampung :P

eko mengatakan...

kalo lebaran, jgn ngasih anak2 kecil sama cek Ful, mengko malah di gawe kapal2an kertas :-)

kw mengatakan...

wow... jadi thrnya sekarang pakai tc. keren

kyai slamet mengatakan...

500 juta?

arya mengatakan...

aman endi hayo karo tunai? *here we go again* :))