05 September 2008

Bacaan tartil di internet


Internet masih saja membuat saya tergumun-gumun. Termasuk dalam hal yang satu ini.

Tahukan Anda bahwa layanan bacaan tartil Al Qur'an dan terjemahannya juga tersedia di internet? Atau, jangan-jangan malah sampeyan sudah lebih dulu tahu saya.

Untuk Anda yang belum tahu, cobalah buka website ini. Silahkan pilih Surat , Ayat (settingan default untuk seluruh ayat pada surat dimaksud), Juz dan juga pentartilnya. Setelah itu tinggal klik tombol "play" di sebelah kiri bawah.

Surat dan terjemahan yang sedang dibaca, ditandai dengan higlight pada teksnya yang bergerak menyesuaikan suara pentartil.

Selain dalam bahasa Indonesia, bahasa lain yang tersedia adalah: Belanda, Inggris, Perancis, Turki dan Urdu.

Proses buffering juga cepat, untuk surat-surat panjang seperti surat Al Baqarah sekalipun. Jadi untuk yang fakir benwith juga tidak masalah.

Nah, sekarang pindah topik. Mmengenai kemajuan teknologi ini, guju ngaji saya di Jombang dulu secara berguaru sering menyinggung sikap kita yang menurutnya senang enaknya saja: "Kalau tape-nya yang rajin tadarrus, ya tape itulah yang masuk surga". Maklum saja, waktu itu belum banyak piranti yang lebih canggih dari itu.

Secara berkelakar pula saya menjawab: "Dan yang punya tape juga dipastikan masuk surga. Karena sudah memberikan kesempatan tape-nya untuk masuk lebih dulu". hehehe

Nah, silahkan tinggal pilih tape, eh komputer Anda atau diri sendiri...

19 komentar:

aprikot mengatakan...

sajake kok ge ga ono gawean, ngeblog trus ;))

iway mengatakan...

postingane soal quran lha gambare header bar ngebom gedung depag nganti roto :D

Ipoul Bangsari mengatakan...

@aprikot: Hooh. daripada ndomblong git.

@iway: Lha, jebul pelakune ngaku dewe.

yuswae mengatakan...

apik..apik..atol.
posting iki, sampean mlebu surgoo...

Nayantaka mengatakan...

lha kalo ini yang masuk surga duluan siapa pul?

all about andrie mengatakan...

Makasih mas informasinya...
Bermanfaat banget buat saya...
Matursuwun...

beradadisini mengatakan...

heh, sangat bermanfaat ini! *meluncur*

Nazieb mengatakan...

Andaikan saya dilahirkan sebagai sebuah tape..
*halah

iman brotoseno mengatakan...

wah kalau itungan masuk surga harus bisa itu..wah jangan jangan saya..

Hedi mengatakan...

kalo gitu, pencipta internet yang orang yahudi itu juga bakal masuk surga karena sudah memberikan tempat untuk terciptanya situs kitab suci :D

nothing mengatakan...

aku wis ngerti..hahaha..
aduh saya kok tambah sarap :(
piye ki...

eko mengatakan...

wah, info yang bagus pak kyai

Diana mengatakan...

duh,beneran gaptek,baru tahu ada tartil di internet,tenan lho... Bagus infonya, makasih ya. Soal siapa yg masuk surga mah, kembali ke ikhtiar msg2 kan :) Hehe, aku kok sempet bengong, komen2 di awal pake basa Jawa ya Mas? Btw,Bangsari itu daerah di mana tho, aku kok baru denger?Makasih sdh mampir, ojo kapok yo...

kenny mengatakan...

sudah ke tkp, sip..sipp

escoret mengatakan...

keren kowe bul....
adoh2 seko cilacap..tetep rajin ngaji...bahkan ngaji on line..kekkekek

ragilduta mengatakan...

weee lhaa..pencerahan tenan iki :)

Setiaji mengatakan...

keren, internet sudah makin berguna untuk dakwah, semoga gak cuma di bulan ramadhan ini saja gaungnya ... apakabar om bangsari ?

-setiaji-
www.kodokijo.net

Ndoro Seten mengatakan...

Wah tapi meti lebih muanteb yen sampeyan ndalem santri saking mbangsari sing qiro' nggih ndoro!
Lebih bernuansa ruhiyyah!!!!

kesambet mengatakan...

Mantaaffff....luncur ke TKP !