04 Agustus 2008

Gerakan 1000 Buku

The Journey: Buku sumbangan pertama
dari Zen si Pejalan Jauh, berkardus-kardus lainya menyusul tiap jumat malam

Maka, pergilah sebentar dari rumah. Sisakanlah waktu dalam hidupmu kawan, untuk melihat dan menikmati dunia. Hidup tidak melulu cuma harta, tahta, dan kehormatan. Dengan berdarmawisata, banyak hal yang akan kita peroleh, yang tidak akan kita dapati di bangku sekolah. Hidup adalah merangkai segala macam pengalaman dalam kehidupan. Hidup adalah menyiapkan diri untuk membawa bekal menuju perjalanan panjang sesungguhnya; menghadap Allah Swt.
Gola Gong! Pada era 80-an ia dikenal sebagai penulis novel remaja . Pada zaman kejayaannya, sebanyak 60 karya telah dibukukan dan sebagian lagi dimuat di sejumlah majalah terkenal remaja. Tapi itu hanya sampingan. Yang lebih hebat lagi, dia mengelilingi Asia sebagian besar dengan perjalanan darat. Bus, kereta api, kapal dan berjalan kaki. Bahkan, perjalanan dari Malaysia hingga Thailand dia lalui dengan bersepeda. Obsesinya semula adalah mengelilingi dunia, namun perjalanan panjangnya di Asia membuat kesehatannya menurun drastis dan dengan terpaksa ia harus mengubur mimpinya. Itu semua dia lakukan hanya dengan satu tangan.

Darimana dia mendapatkan inspirasi itu?


"Ide gila keliling dunia telah lama aku tanamkan dari kecil. Cenderung menjadi obsesi. Saat SMA (1981) aku menyusuri bumi jawa. Si perguruna tinggi (1986-88), aku mengelilingi Nusantara selama dua tahun... Ketika bekerja menjadi wartawan di Gramedia Group (1990-1992), aku mengelingi Asia, dari Serawan hingga Pakistan....Aku merencanakannya dengan matang. Mengelilingi Dunia dalam 80 Hari (Jules Verne) dan Petualangan Tom Sawyer (Mark Twain) adalah cikal bakal ketika kau ingin melakukan keinginan itu", demikian ungkapnya.


Buku! Ya, buku!

Untuk itulah, kami dari gerombolan BHI berupaya mengadakan Gerakan 1000 Buku. Mencoba menyebarkan mimpi-mimpi melalui buku kepada mereka yang berkekurangan. Mulai dari pelosok Bangsari sampai dengan pucuk Gunung Kidul.

Silahkan bergabung bersama kami...

Info lebih lengkap bisa dibaca di postingan pak ketua...

20 komentar:

kw mengatakan...

top. ayo ayo...

mr.bambang mengatakan...

Semoga program mulia dari Blogger ini bisa berhasil :)
Aku sok jumat wengi wae nggowo bukune

Pinkina mengatakan...

InsyaAllah ikutannnnnnnnnnnnnn..............

daniel mengatakan...

wah program yang bagus nih,saya setuju banget dan turut mendukung.

Ayo blogger2 ikut cerdaskan bangsa ini...

MaNongAn mengatakan...

Mantab bos, saya siap dgn tugas.

.::he509x™::.

-GoenRock- mengatakan...

Siap laksanaken tugas Kumendan!

merahitam mengatakan...

Ah, sip-sip. Sudah kebingungan mau nyalurin buku kemana, karena komunitas yang biasa menampung sedang kelebihan bantuan.

escoret mengatakan...

buku..????
aku ada majalah boss...

gimana..????

Bangsari mengatakan...

@merahitam: matur nembah nuwun...

@escoret: majalan juga boleh. asal majalah baik-baik lho ya. National Geographic amisalnya.

cewekndeso mengatakan...

ngesuk melu tilik lah tgl 29 agustus aku meng BHI tilik kebetulan arep cuti sedela meng njawa dadi tek mampir yaa

gambarpacul mengatakan...

BHI pancen top markotop sip markosip.....hebat martobat lah..!

Hedi mengatakan...

SIAP!!!

Kampret Nyasar mengatakan...

Di doakeun atuh biar mimpi2nya segera terwujud.. kapan berkeliling ke Africa? :D

Soal makan dan akomodasi bereslah..

kenny mengatakan...

siap mendukung, smoga sukses yaaaaaa

weber mengatakan...

salut buat kegiatan amal ini... mudah-mudahan sukses dan anak bangsa yang membutuhkannya mudah-mudahan juga dapat mewujudkan mimpinya dengan mendapat bekal dari buku... salam kenal, Thx

Ndoro Seten mengatakan...

bener juga yo, mbangane mung dikoloke....

eko mengatakan...

anak BHI emang good idenya :-)
bukunya pak presiden BHI tentang Blog, bisa di ikutkan tuh :-)

elly.s mengatakan...

salut mas...
kirim kemana nih???

Bangsari mengatakan...

@kenny: kirim ke kosku saja mba. atas nama Much. Syaefulloh: Rumah Bu Keken, jl kebon kacang II no 70, tanah abang, jakarta pusat

Rawins mengatakan...

Kang aku gaweane dipindah jokja. Menghubungi sapa, kang?