16 Juli 2008

Nyubi Linux Ubuntu

Dari Suprie, saya mendapatkan CD Linux Ubuntu 8.04 ini tiga hari yang lalu. Semula saya pikir hanya untuk sekadar iseng. Ya siapa tau, nanti tumbuh keisengan untuk mencoba. Tak bisa dipungkiri, “takut tidak bisa” adalah faktor yang paling sering menggoyahkan keinginan saya mencoba operating sistem selain Windows.

Lha kok ndilalahnya semalam tadi itu operating sistem saya (you know lah, bajakan pastinya) mengalami error ndak jelas. Meski sudah dicoba melakukan ini itu, tetap tidak bisa juga. Analisis bodoh saya, pasti kena virus nih! Ya mau gimana lagi? Akhirnya dengan nawaitu mencoba Linux untuk pertama kalinya, saya (dengan instruksi Yudi) menginstall Ubuntu.

Lha kok jebulnya ndak susah-susah amat tuh! Agak mirip dengan instalasi Windows, tinggal pencet tombol next-next saja. Malahan boleh dibilang langkahnya jauh lebih simpel daripada nginstall windows. Asyiknya lagi, sekali instal Ubuntu beberapa program yang pada windows harus diinstal lagi, di Linux sudah tak perlu lagi. Misalnya, sudah otomatis tersedia layanan semacam office (disebut OpenOffoce.org untuk presentation = powerpoint, spreadsheet = excel, wordprocessor = word ), juga sudah tersedia layanan grafis semacam Photoshop (disebut GIMP).

Kelebihan lain? Ya silahkan coba sendiri. Lha wong saya baru nyoba dari semalam je.

Selamat mencoba. Dan jangan lupa untuk berbagi tips ya...

34 komentar:

Hedi mengatakan...

cihuy...mbok aku nyilih gawe liputan, pul :P

mikow mengatakan...

yang agak susah itu kalo instal di text base dan melalui remote ssh :)

Evi mengatakan...

wah...notebook anyar ki :)
oh ya lupa, wes dadi juragan je....

hanny mengatakan...

kalo liat di google reader, di paling bawah postingan ini kok ada alamatnya. Alamat: Jl. Kebun Kacang 2 XXXX Tanah Abang Jakarta Pusat. itu alamat buat apa ditaruh di situ, ya? kursus ubuntu gratis? :D

didut mengatakan...

kalo buat masang flash disk dll mash ok juga?

mizan mengatakan...

Selamat bergabung dengan komunitas pengguna Ubuntu... Pengenalan hardware di 8.04 semakin bagus kok...

Moes Jum mengatakan...

iki jane sing anyar opone yo? OS anyar opo komputer anyar? Memang juraan dhuwit iki nambah mulyo terus ...

kw mengatakan...

aku blm nyobain, juga takut ga bisa

eko mengatakan...

selamat berkenalan dengan om hardy heron :-)
banyak help-nya kok Ful, jika di banding distro lain..setahu saya..

Yang English coba di: https://help.ubuntu.com/
Yen sing Indonesia coba di : http://wiki.ubuntu-id.org/PanduanUbuntu

bangpay mengatakan...

weh... baru njajal tho kang?

saya baru make buat kepuasan pribadi. untuk kantor wah... susah...

NB: kayaknya ampe pensiun saya bakal keliling endonesia nih, kang! :)

gus pitik mengatakan...

welkam to de klab bro..

Ndoro Seten mengatakan...

woalah dasar wong mbangsari...
mentang-mentang dekat mbuntu yo terus nyoba ubuntu...
tapi, bukane buntu itu brokong?

norjik mengatakan...

nah, keren kan linux ..:) sama nih mas saya juga lagi belajar :)

amethys mengatakan...

walahhh...linux ndak popular disini.....hihihi

eh mboh nding kaleee...aku yg katrok :D

chocoluv mengatakan...

linuxMint lebih enak lagi loh
*promosi*

:-D

kurnia_1 mengatakan...

wes males nyoba' kang.. sik seneng karo setan BSD he..he..

venus mengatakan...

takut tidak bisa? hahaha...sama. aku juga blm berani nyoba karena takut berantakan. kalo ngehang piye? kalo ini kalo itu, piye? :D

maruria mengatakan...

pernah nyoba sih. tapi dulu. waktu jaman aku kuliah. ternyata ga susah susah banget ko. bener kang, mirip ama punya Microsoft.

Fany mengatakan...

Wah dah lama gak nyentuh linux ku...

kalo buat penggunaan standar emang sama aja kok :D

Pinkina mengatakan...

iyha, masih keren Linux kok drpd Windows. Cuman emang orang2 sini kan lebih familier ama windows.... selamat belajar....

monsterikan mengatakan...

gue juga pake nih
keren!

jarang crash, workspace luas, aplikasi berlimpah (kalau udah ada repo-nya), ga perlu beli2 lagi.

kenny mengatakan...

hihihi, sama katrok nya ama mbak wied klo mo coba2 ya dipasrahke juragan aja.

norjik mengatakan...

linux itu prospek masa dpn mas ... btw, arti bangsari itu apa sih ??

em mengatakan...

linux ubuntu iku opo? maklum sik tas blajar ngetik kih, sewengi cuman iso ngetik ngene thok...

arya mengatakan...

aku gelem ra gelem kudu nganggo ubuntu e kang.
kantorku nganggone kui...
dadi saiki nganggo jendela meneh malah kagok :p

MaNongAn mengatakan...

idem (newbie).

.::he509x™::.

ngadimin mengatakan...

hore ada yang baru install ubuntu...

Makan - makannnnnn hohohohohohohoh

-=«GoenRock®»=- mengatakan...

Aku yo ono CD ubuntu malah urung njajal. Reviewnya lanjut Kang. Cendol ijo-ijo menunggu

yainal mengatakan...

cd ubuntu punyaku malah emboh nang endi saiki.. :(

elly.s mengatakan...

mang kalo bajakan langsung error pow mas?

Gerarrdway mengatakan...

Kalo males beli ato dunlud ubuntu,kirim aja ermintaan CD ke https://shipit.ubuntu.com
nanti CDnya langsung dibawain kerumah
saya udah buktikan,cuma bayar rp5.000 bwt ongkos kirim
Termasuk murah itu

nonadita mengatakan...

idem dengan Gerarrdway
aku juga punya CD gratisan ubuntu dapet dari situs ubuntu, tapi belum kupake sampe sekarang

angus mengatakan...

aku masih pake kubuntu 7.01 :hammer:

wedhouz mengatakan...

kalo sudah bosen... lanjut dengan hackintosh... :-D