16 Juli 2008

Nyubi Linux Ubuntu

Dari Suprie, saya mendapatkan CD Linux Ubuntu 8.04 ini tiga hari yang lalu. Semula saya pikir hanya untuk sekadar iseng. Ya siapa tau, nanti tumbuh keisengan untuk mencoba. Tak bisa dipungkiri, “takut tidak bisa” adalah faktor yang paling sering menggoyahkan keinginan saya mencoba operating sistem selain Windows.

Lha kok ndilalahnya semalam tadi itu operating sistem saya (you know lah, bajakan pastinya) mengalami error ndak jelas. Meski sudah dicoba melakukan ini itu, tetap tidak bisa juga. Analisis bodoh saya, pasti kena virus nih! Ya mau gimana lagi? Akhirnya dengan nawaitu mencoba Linux untuk pertama kalinya, saya (dengan instruksi Yudi) menginstall Ubuntu.

Lha kok jebulnya ndak susah-susah amat tuh! Agak mirip dengan instalasi Windows, tinggal pencet tombol next-next saja. Malahan boleh dibilang langkahnya jauh lebih simpel daripada nginstall windows. Asyiknya lagi, sekali instal Ubuntu beberapa program yang pada windows harus diinstal lagi, di Linux sudah tak perlu lagi. Misalnya, sudah otomatis tersedia layanan semacam office (disebut OpenOffoce.org untuk presentation = powerpoint, spreadsheet = excel, wordprocessor = word ), juga sudah tersedia layanan grafis semacam Photoshop (disebut GIMP).

Kelebihan lain? Ya silahkan coba sendiri. Lha wong saya baru nyoba dari semalam je.

Selamat mencoba. Dan jangan lupa untuk berbagi tips ya...

01 Juli 2008

Mengapa?

Itu blok natuna bisa menghasilkan duit hingga US $ 20 miliar per tahun. Padahal itu baru satu tempat bos, belum yang lain?

Lha kok negara kita banyak utang dan tetep miskin?