14 Desember 2007

rute rute ke bangsari

menjawab pertanyaan-pertanyaan pada postingan ajakan tur wedus ke bangsari, berikut saya berikan rute-rute menuju ke sana.

dari jakarta

kereta
silahkan bergabung dengan rombongan dari stasiun senen. atau jika anda memutuskan berangkat sendiri, rutenya dari senen ambil kereta ekonomi jurusan cilacap dan turun di gandrung mangu. peserta akan dijemput disitu. perjalanan memakan waktu sekitar 10 jam, biaya 24 ribu rupiah.

bus
bisa juga naik bus dari terminal rambutan, grogol, pulogadung atau kalideres. setahu saya, bus hanya tersedia sampai dengan sebelum jam 6 sore. naiklah bus gapuraning rahayu yang ke cilacap via kawunganten (jangan yang via wangon), turun di pasar sitinggil. peserta akan dijemput disitu. perjalanan memakan waktu sekitar 8 jam, biaya 50 ribu.

dari jogja:

kereta
kereta yang tersedia hanya ada satu jenis, kereta ekonomi jurusan bandung. berangkat dari lempuyangan sekitar jam 12:00 (kalau jadwalnya belum berubah) dan sampai di gandrung sekitar jam 16:30. peserta akan dijemput. meski ada juga juga kereta jam 22:00, sebaiknya jangan ambil yang ini karena kemungkian anda mendapatkan tempat duduk biasanya kecil.

bus
dari terminal giwangan atau bisa juga dari pasar gamping, naik bus jurusan yang ke cilacap langsung. (bisa juga menggunakan bus jurusan purwokerto, tapi sebaiknya jangan, karena akan ribet dan membingungkan.) perjalanan dari jogja ke cilacap memakan waktu sekitar 4-5 jam. sesampai di terminal cilacap, ganti bus jurusan sidareja dan turun di pasar sitinggil. dari cilacap ke sitinggil ditempuh kira-kira 1 jaman. setelah sampai di sitinggil, peserta akan dijemput.

dari semarang:

saya sendiri belum pernah ke semarang langsung. jadi, kira-kira begini. naiklah bus jurusan cilacap dan selanjutnya ambil jurusan sidareja, turun di pasar sitinggil. bisa juga ke purwokerto dulu, kemudian ganti bis yang ke cilacap. selanjutnya, idem. perjalan dengan kereta setahu saya belum tersedia.

alternatif lain, ambillah rute jogja.

dari salatiga:

karena menggunakan mobil sendiri, sampeyan bisa pergi sewaktu-waktu. ambil jalur magelang, purworejo, kebumen, gombong, dan buntu. di perempatan buntu, sampeyan ambil yang lurus (arah cilacap). belok kiri juga menuju cilacap, tapi perjalan akan sedikit berbelok. tapi jangan samapi salah belok ke kanan, karena akan tambah jauh melalui purwokerto. terkecuali sampeyan mau mencicipi sroto sokaraja. dari cilacap kota, ikuti jalur bus jurusan sidareja. sesampai di pasar sitinggil, kabari saya. berapa waktu tempuh dan biayanya, saya tak bisa perkirakan.

dari surabaya:

kereta
ambil jurusan bandung, turun di gandrung. peserta akan dijemput. perjalanan memakan waktu sekitar 12 jam, biaya sekitar 30 ribu.

bus
ambil jurusan cilacap, turun di terminal cilacap. selanjutnya idem.

untuk keterangan lebih lanjut, silahkan kontak saya...

28 komentar:

kw mengatakan...

den mas bangsari, berapa lama sampean jadi kenek? thx infonya.

sampaikan salam salut saya ke beliau yang telah bersedia menjemput. terharu mendengarnya.

kepada peserta, have a nice trip. :)
selamat tahun baru

pitik mengatakan...

nek numpak pesawat piye?
nek numpak sajadah terbang piye?
nek numpaki cew..ah ga sido..

pitik mengatakan...

nek numpak pesawat piye?
nek numpak sajadah terbang piye?
nek numpaki cew..ah ga sido..

Bangsari mengatakan...

aku ki pengguna setia kereta ekonomi rute surabaya sampai jakarta ki dari tahun 1993 dab. hehehe.

ra melu?

Bangsari mengatakan...

#pitik: numpak pesawat terbang, pas nang nduwure bangsari loncat wae. sajadah terbang dadi rebana no...

aprikot mengatakan...

wuah rute soko semarang kok ga jelas ngunu, lah aku mangkate piye??

DenaDena mengatakan...

dai sby 30 ewu? iso slamet tah tekan kono? ngko teko kono pas babak belur

venus mengatakan...

aku titip salam aja ya pul :D

mikow mengatakan...

"dari cilacap ke sitinggil ditempuh kira-kira 1 jaman"

1 jaman? Waktu dari jaman prasejarah ke jaman sejarah aja berapa ratus tahun tuh? :D

sarah mengatakan...

Mana oleholehnya mas?? heheh...

Totok Sugianto mengatakan...

kalau pesertanya banyak nyater kereta api aja satu rangkaian.. hihihi.. minimal satu gerbong juga gpp jadi enak tuh nggedabrusnya :D

totoks.com

didut mengatakan...

gutlak :D

tikabanget mengatakan...

mbok aku dijemput wae.. :|

blanthik_ayu mengatakan...

waaah senenge lek iso melu pul...
have a nice trip pul...
selamet pergi dan pulang...salam kanggo keluarga mu...

endiks wae lah mengatakan...

lha yen numpang montor mabur piye mas..?? utowo yen arep numpak kapal...??

cewekndeso mengatakan...

komplit banget kang penejelasane guli aweh arah dalane...wis bisa di pastikena ora bakal ana sing kesasar pokoke

Hatta mengatakan...

nek sing bumiayu nek-e numpak apa ya?? :D

escoret mengatakan...

kemungkinan..AKU MELUW..!!!!

kika mengatakan...

akhire sapa wae sing melu ning bangsari? Masih bingung ikut pa enggak...

Maruria mengatakan...

Mas, aku ana niat garep melu. Tapi engko nek wis tekan pasar sitinggil, aku njaluk pethuk maring sapa kiye?

Leksa mengatakan...

rame2 tahun baru liat kambing :D

seru2...

hmm.. aku ikut ga ya, mau ngambil ilmunya om ipul inih :( .. rencana masih disusun Om, tapi lelet karena empunya plan sedang ngurus S2.. :((

Vita mengatakan...

boleh ga kalo sabtu ikut bernagkat tp pulang duluan hri minggu?soalnya senin ga libur :(
ohya, saya temennya maria nih

Tukang Nongkrong mengatakan...

maaf broo,

aku ga jadi ikut ke bangsari

sejak senin sakit ga sembuh2 ... :(

oon mengatakan...

met tahun baru kang!....semoga +sukses & weduse padha lemu-lemu ya :)

oon mengatakan...

hiks..aku kok ora bisa melu mbengok nang shoutbox yak? :(

-tikabanget- mengatakan...

mana ceritanyaaa??

Lintasberita mengatakan...

Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk Blogspot dengan installasi mudah. Salam!

http://www.lintasberita.com/Lokal/rute_rute_ke_bangsari/

Rawins mengatakan...

Nek kang sidareja numpak apa, kang?
Laaah... wis bubar ya...?