14 November 2007

Pesepeda Onthel Tewas Ditabrak Pengendara Mobil

Sangat Endonesa, kata Paman yang katanya sedang jadi raja minyak itu.

Pagi-pagi kawan penggemar sepeda tua yang salah satu miliknya saya pinjam, mengabari tentang sebuah kecelakaan yang menimpa seorang pengendara sepeda onthel di sini. Mengenaskan!

Setahu saya, sejak bertahun yang lalu, teman-teman penggemar sepeda yang tergabung dalam berbagai komunitas di berbagai kota selalu memimpikan tersedianya satu jalur khusus untuk pesepeda. Mantan walikota dari Kolombia yang sudah berhasil merevolusi sistem transportasi kotanya hingga menjadi surga bagi pesepeda, pernah diundang ke Jakarta. Mungkin maksudnya biar bisa dimintai saran dan konsultasinya. Saranya cukup radikal, berikan 75 persen dari jalan yang ada untuk pejalan kaki dan pesepeda dan sisanya yang 25 persen baru untuk jalur mobil pribadi. Dan seperti yang sudah-sudah pula, ide dan keinginan itu hilang seperti angin.

Negeri dimana semua anggota kabinetnya adalah pedagang, sepeda bukanlah produk yang cukup adollable (adol=jual, bahasa jawa, gampang dijual dan mendatangkan banyak keuntungan). Bandingkan dengan mobil. Satu buah mobil bisa bernilai sekian banyak sepeda. Keuntungan yang diraih pun jauh lebih besar dan lebih gampang merayu calon pembelinya. Mana bisa dibilang gengsi kalo kendaraannya cuma sepeda. Maka tak heran jika kemudian mobil pribadi lah yang memenuhi jalanan ibu kota.

Negeri ini memang ajaib!

22 komentar:

Pinkina mengatakan...

ngenes :(

Totok Sugianto mengatakan...

yang kecil apa memang selamanya harus mengalah pada yg besar? kelihatannya memang harus seperti itu mas kalau mau selamat. kalau dipikir pikir lagi ruas jalan kita semakin lama memang semakin menyempit. Nanti idealnya harus ada jalur Busway, jalur mobil pribadi, jalur sepeda motor, dan jalur sepeda ontel

Iman Brotoseno mengatakan...

presidenmu sibuk rekaman nyanyi sih...

Bangsari mengatakan...

#pinkina: podo.

#totok sugianto: jakarta kakehan wong yo mas.

#iman brotoseno: soalnya enakan nyanyi daripada kerja mas...

gus pitik mengatakan...

wah..kudune alex mimpin demo ki..

Bangsari mengatakan...

#gus pitik: alex lungo ngendi to?

Anang mengatakan...

turut berduka cita..

MaNongAn mengatakan...

Innalillahi Wa'innailaihi Rodjiun...

koeaing! mengatakan...

Innalillahi wa Innailaihi Radji'uun...

nDherek belo soengkowo itoe..
Koeaing!

Bangsari mengatakan...

#anang, manongan dan koeaing: sebenarnya saya ndak kenal yang meninggal itu. cuman kok ngenes gitu....

onoloro mengatakan...

Koq jadi ngeri ngontel sepeda sekarang ini. Coba gubernur dki ngontel tiap pagi, seneng kali ya...

rara mengatakan...

ya, mungkin sepeda ontel masih tetep bisa diberdayakan untuk olah raga di sekitar rumah, ato yang jarak tempuh ke tempat kerjanya ngga berapa jauh dari rumah. Lha kalo 50km kayak aku, kalo naik pit ya 'capek deh'..:D

Tpi yg penting, tetep memerhatikan keselamatan..

Aris mengatakan...

Turut berduka cita ...

Sambil nunggu presiden selesai nyanyi, para pengontel sebaiknya lebih meningkatkan kehati-hatian.

Ndoro Seten mengatakan...

Lho jarene presidene bar kampanye "sepeda tindak makaryo"? piye to?.....malah ono tumbal!!!

kenny mengatakan...

gimana tindakan selanjutnya pak presiden dan para mentri,sbl bertambah korban

escoret mengatakan...

anu....klo kamu nyalon presiden..dan kamu jadi presidennya..Mungkin hal ini tidak terjadi....IYA tho..???
eh,tapi bener situ mau nyalo jadi presiden..????

sumpeh loe..?????

*siap2 ke tukang sablon,nyablon kaos yag gambarnya muka bangsari...*
wakakkakakka

nb : kaos blog bangsari udah aku cuci 3 kali dlm 1 minggu...saking sukanya[RINGGO-garing di nggo]..hehhehe..thx...

Bangsari mengatakan...

#onoloro: lha gimana ngga ngeri, jalan isine mobil dan motor sing yak yakan kabeh. mengerikan! coba kalo gubernur naik sepeda, tiap bulan bisa ganti gubernur karena pasti mati. hehehe

#rara: juragan kok umahe adoh, mbok apartemen da vinchinya dipanggoni. opo tak panggoni aku?

#aris: setujuh. sampeyan ndak ikut nyanyi sama presiden?

#ndoro seten:lha, sampayan yang sudah eselon kan mestinya punya akses lebih kuat to? :D

#escoret: hayyah. saya jadi presiden? wong edan pun ndak bakalan senang. susah semua nantinya. btw, kaose ra tau ganti? hehehe

Evan mengatakan...

Adolable..Weh kosakata anyar iki om?

Bangsari mengatakan...

#evan: hehehe. maklum, tukang wedang kudu pinter adol mas...

cewekndeso mengatakan...

liat comment diatas aku malah cengar cengir dewek he..he..

Bangsari mengatakan...

ati ati aja kakehen mesam mesem dewek mbekayune, mbok diarani edan koh...

Anonim mengatakan...

Bang bean inanlilahi wainnalilahi rajjiun
maaf saya juga penggemar pits onthel ngerasa prihatain di negeri ini pengendara sepeda masih tersisih tak seperti di holland and german mungkin mereka yang naik kendaraan motor bakar bahagia tapi lihat anak cucunya nanti pasti kewalahan karena efek dari global warming mungkin mereka bangga naik motor atau mobil padahal anak cucu mereka yang menanggung tapi anehnya mereka paling hebat kalo ngomomg global warming bagaimanapun kendaraan motor bakar tetap polusi dan harus diganti dengan sepeda kalo gak sekarang lalu kapan coba dong peduli bukan hanya nanam pohon aja tapi naik motor sama mobil jalan terus semoga semakin banyak orang yang menaik sepeda meskipun dengan jarak berpuluh kilometer sayaaja bisa kok kelililng jawa bali dengan sepeda onthel masa anda gak sepeda go go go BYCYCLES FOR LIFE