03 Oktober 2007

permainan-permainan masa lalu

semasa saya kecil, ada beberapa jenis permainan anak-anak di bangsari. sebuah permainan berguna tidak saja untuk bermain, tapi juga bergaul. tanpa menguasai permainan-permainan itu, anak-anak relatif kurang dihargai teman. kemampuan rendah, mungkin begitu dalam bahasa sekarang.

anak-anak perempuan mahir memainkan:
  1. pasar-pasaran (simulasi jual beli yang mengandalkan keuletan dalam tawar menawar),
  2. masak-masakan (masak-memasak),
  3. lowok (permainan karet gelang),
  4. lompat tali,
  5. kuncir rambut, dan lain-lain.
anak-anak lelaki harus bisa membuat sendiri tiga benda dan sekaligus memainkannya:
  1. panggal (gasing) plus tali pemutarnya,
  2. layang-layang berbagai model, dan
  3. mercon alias petasan.
menguasai ketiganya, barulah mereka diakui sebagai bocah laki-laki. yang tidak bisa, dipoyoki sebagai anak lanang yang kewedok-wedokan. disamping itu, masih banyak pekerjaan sampingan para bocah yang antara lain:
  1. nyeser (mencari ikan dengan seser, sebangsa jaring kecil),
  2. mancing ikan dan belut,
  3. tawu (mengeringkan kubangan air, terkadang selokan atau sungai yang airnya menyusut, untuk menangkap ikannya),
  4. membuat mobil-mobilan (terbuat dari bambu),
  5. mencuri (timun, kacang panjang muda, bengkoang, pepaya, mangga dan terkadang umbi-umbian jika lapar di malam hari),
  6. berburu belalang, jengkerik, burung, dan lain-lain.

ada juga permainan lintas gender seperti : baron (kejar-kejaran berkelompok) dan gobak sodor. keduanya biasanya dilakukan di malam purnama ditunggui orang-orang tua. dengan mengandalkan cahaya bulan tanpa listrik, suasana menjadi lebih ceria. cublak-cublak suweng, lowok, dakon dan lompat tali juga terkadang sering dimainkan bersama.

sekarang? entahlah. sepertinya sebagian besar permainan itu sudah hilang. digantikan televisi dan mainan buatan china. katanya, kemudahan adalah hal yang selalu dikedepankan orang sekarang. kalo beli saja murah, ngapain bikin? kalo liat tipi saja lebih enak, ngapain main sendiri?

mungkin masih ada yang tersisa, cuma saya tidak tahu.

gambar diambil dari sini


25 komentar:

djoko mengatakan...

Saya sukanya main patel lele dan boy-boy-an (tumpukan pecahan genteng yg dilempar bola terus disusun kembali), wah lupa belajar klo dah main itu

mit@ mengatakan...

kamu "mencuri timun" ? kaya KANCIL .
hahaha.. jade inget dongeng dari ibu ku.. pas mo bobo hihii..

venus mengatakan...

permainan kuncir rambut itu yg gmn sih? di ndesoku dulu gak ada :D

kw mengatakan...

aku paling seneng nyolong lan
njaring nang kali

evi mengatakan...

jadi ingat jaman dulu nih...
tetanggaku cowok smua, jd mau ga mau ya ikutan main layangan smp bikin benang gelasannya, main panggalaan gasing), trus nggabur doro, bikin pisau kecil dari paku yg ditaruh rel kreta trus nunggu sampe dilindes kreta.

de mengatakan...

1. nek seneng dangdutan sejak kapan mas? :D.
2. idem venus, kuncir rambut iku sing yo opo mas
3. aku seneng adus nang kali :P
4. @ evi, aku yo suka bikin piso yg kayak gitu hehe
5. suka ngumpulin biji asem, di gosok2 trus ditempelin ke kaca ati pecahan ubin, trus diadu kuat2an. wes akeh pokok e

Pinkina mengatakan...

hehehe..jadi malu kl inget masa kecil :D mercon'an (main petasan) tau, obak bekel, dakon, cublak2 suweng, layangan, nyeser iwak,berburu belalang dan jangkrik,main lompat karet, engklek, gobak sodor,petak umpet, wakehhhhh wessss tau kabehhhhh..... :)) pokoke sing ora tau kuwi maen boneka soale ora duwe dan gak pernah dibelikan........

iway mengatakan...

benthik, karambol, untrakol (halah namanya aneh), tulup, egrang, sepak sekong, engklek, ndas-kil, dll
heheheh hampir semuanya pake fisik, jadi anak-anak jaman dulu (harusnya) sehat-sehat :D

pitik mengatakan...

aku mbiyen sinau terus...ga sempat dolanan..*ngapusi dot kom*

Tukang Nongkrong mengatakan...

golek iwak utowo memet istilahe ... :)

rogebon mengatakan...

ana sing urung disebutna " blekothokan"

mei mengatakan...

gobak sodor tiap bulan purnama neng baan'ne mbah ji, monyet-monyetan, boy-boy-an, pathel lele, bekelan, lompat tali, omah-omahan(bikin rumah dari tanah)..akeh sampe lali, dan kabeh permainan bisa d lakukan baik anak laki maupun perempuan

kalo beli saja murah, ngapain beli?-->mungkin yang bener, kalo beli saja murah ngapain bikin??bener mas??hehe

mikow mengatakan...

gatrik, galasin, bleguran (meriam sundut dari bambu), dampu, gundu, dll halah.. jadi kangen masa kecil dulu

langit mengatakan...

umpetan :)

sandal mengatakan...

wah curang, ono dolanan sing ora ditulis. jaman cilik seneng dolanan dokter-dokteran atau bapak ibu-bapak ibuan mboten mas? :D

jaman cilik kalau pergi tawu pulangnya pasti dijewer T_T

OnlinePharmacy mengatakan...

gg7tI9 Your blog is great. Articles is interesting!

morishige mengatakan...

kalo anak-anak sekarang sukanya main PS, mas..
hehehe......

demora viagra mengatakan...

AjbplJ Please write anything else!

name mengatakan...

SCw7tP Please write anything else!

meridia and low carb diet mengatakan...

Wonderful blog.

california motel sale mengatakan...

Magnific!

name mengatakan...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

cavalier tours mengatakan...

Thanks to author.

advice on european tours mengatakan...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.