12 September 2007

kambing mereka

adik saya mengabarkan, 3 anak tsanawiyah itu sudah mendapatkan kambingnya masing-masing. disertai orang tua kecuali si anak janda, bapak mengajak mereka ke gandrung. pasar kecamatan terdekat yang menyediakan segala kebutuhan kami, sekitar 5 kilometer ke arah barat dari bangsari. pada jumat pagi kemarin (07/09/07), hari dimana tsanawiyah itu meliburkan kegiatan belajar mengajarnya. disana, bapak menyilahkan mereka memilih calon kambing mereka. bukan bapak tak mau terlibat, tapi karena merekalah yang lebih paham. terakhir, bapak tinggal menawar dan membayari. mereka sreg dengan pilihannya, bapak tak perlu menggarami laut.

hasilnya, masing-masing mendapatkan seekor induk kambing dengan 2 anakannya. sedikit diluar skenario awal, 1 orang 2 kambing. alasan mereka memilih begitu, supaya saat anakan ini membesar si induk sudah bisa beranak lagi. bahkan bisa jadi sebelum anakannya besar, si induk sudah bunting. lebih menghemat waktu dan tenaga. pilihan yang cerdas. semoga setahun lagi mereka sudah bisa memetik hasilnya.

hamdan yang ibunya janda memilih seekor induk kambing gembel (gibas, yang mirip biri-biri itu) dengan 2 anakan. pertimbangannya: kambing gibas lebih lebih mudah dipelihara, lebih tahan penyakit, tidak takut hujan (hal kecil yang seringkali menyusahkan) dan yang terpenting lebih cepat berkembang biak, daripada kambing jawa. sedangkan 2 anak lainnya memilih kambing jawa dengan pertimbangan lebih mahal nilai jualnya. intinya, mereka sudah paham resikonya masing-masing.

lalu, kemana yang satu anak lagi? jumat kemarin kebetulan dia belum bisa ikut. saya tak menanya lebih lanjut. namun bapak berjanji mengajaknya ke gandrung minggu depan.

dengan jumlah donasi yang terkumpul kemarin sebesar 6,4 juta rupiah, saat ini masih tersisa 2,6 juta lagi. setelah dikurangi biaya pembuatan kandang untuk si anak janda (yang lain bikin kandang sendiri), masih tersisa 2,55 juta. (info lebih rincinya, bisa hubungi saya lewat jalur pribadi). bapak bilang kelebihannya akan dialokasikan untuk anak-anak yang lain.

mari kita doakan, semoga mereka berhasil. jika program ini sukses, insyaallah tahun depan saya akan memblowup program ini lebih kenceng. selamat berpuasa...

25 komentar:

langit mengatakan...

subhanallah..wal hamdullilah..:)

Pinkina mengatakan...

Alhamdulillah....semoga kambingnya membawa manfaat bagi mereka :)

balibul mengatakan...

Semoga Allah memberi syfaat nya mas..sama2 selamat berpuasa juga yah..tahun depan insya Allah berpartisipasi.

bedewaaaaaai


"SELAMAT ULANG TAHUN YAAAAH !!! CEPET NYUSUL BAHTIAR !! EH TAPI UDAH ADA CALONNYA BELOM ... ?? :p "

mumpung belom puasa, " mosok yo ra bosen mok nguyuh thok kowe ki "

pitik mengatakan...

@gembul: calon???isunya sih sudah ada..tapi siapa yak??

gembul mengatakan...

oh ya..siapa mas...ndak tau sayah. simpedes atau simpekot???

pitik mengatakan...

mungkinkah kambingnya?wakakakaka..ataukah kamu tau yang lain?

rogebon mengatakan...

semoga, amin...

gembul mengatakan...

wuacks kambingnya...setau saya bangsari sukanya belut.

Bandar 3gp mengatakan...

belut kan bentuknya lonjong, ntar ga bisa dimasukin..malah pedang2an..pye jal?

belut picek mengatakan...

ya ini kan yang digoreng bukan yang gondrong :P

Bandar 3gp mengatakan...

emg belut ada yang gondrong ya?ikut rudi hadisuwarno pastinya..ato pake sampo metal?

Bandar 3gp mengatakan...

eh acara ulang taonnya dirayakeun dimana yak?ntar saya suting deh..

gembul mengatakan...

kalo masalah itu mah saya ndak tau...

yang saya mau tanya dia itu jomblo apa ngga kok ... ndak kawin2 malah ngurus kambing pdhl kmrn dia kerja di pabrik uang ... malah salah cetak, dia cetak kutang :P

Bandar 3gp mengatakan...

kutangnya warna apa mas?mungkin dia pas mau cetak uang, lagi mikirin calonnya..jadi yang kecetak malah kutang..waduh..gmana donk?

gembul mengatakan...

damai bos

venus mengatakan...

alhamdulillaaaah...*gak bisa bilang apa2 lagi selain alhamdulillah. aku terharu...hiks...*

ULANG TAUN??? GAK NGAJAK2??? WOOOOO...AWAS YAAAA :))

kw mengatakan...

kok koe melu2 nulise ora eyd pul?

Hedi mengatakan...

selamat berpuasa, Pul!

mit@ mengatakan...

itu kambing na yg digambar namanya kambing apah.. bukan wedhoes gibas kan..? -heueueu-

smoga berhasil..

Ely mengatakan...

met puasa yach ^_^

Ndoro Seten mengatakan...

mbeeeeeeeekkkk..............
lha kok ramane mung milihaken wedhus thok, lha sampeyan durung dipilihna to?

de mengatakan...

arek bhi ki sing lanang tenan mung prsidene. sing liyane bencong kekekeke. ra wani kawen...

mas ulang taun to? wah boleh cipika cipiki duoooonnnngg...:P

nino mengatakan...

Alhamdulillah... semoga manfaat, selamat puasa... selamat ulang taon sorry kmrn Y!M ku ga kubuka seharian :D ... masih ada makan2 susulan ga? ;)

elly.s mengatakan...

mas kepalangan aq nimbrungnya lebaran haji ajah ya..

lebaran ini ada "projek" (janji ) ma yg lain...

gantian ya mas...
no hpmu dah kusimpan

escoret mengatakan...

sip..!!!!