22 Agustus 2007

minta bantuan: donasi kambing untuk anak-anak tsanawiyah

bapak saya bercerita, 4 muridnya di tsanawiyah (setingkat sekolah lanjutan pertama) mengeluh tentang sekolah mereka. ujung-ujungnya mereka minta berhenti. seperti yang sudah-sudah, pangkal masalahnya gampang ditebak. biaya. mereka minta keluar dengan alasan bisa mencari nafkah untuk membantu orang tua. bisa kerja apa saja di kampung, atau bisa juga ke kota menyusul anak-anak yang lain. paling tidak mereka tak perlu lagi membebani orang tua. mereka: hamdan anak seorang janda, 3 sisanya: ahmad rubangi, wifayatul amani (perempuan) dan irfan sutrisno anak keluarga kurang mampu.

menurut statistik sekolah, tiga puluh persen murid tsanawiyah kami berasal dari keluarga tak mampu termasuk keempat murid ini. meminta ijin hendak keluar memang agak sedikit diluar kebiasaan. biasanya, mereka keluar begitu saja tanpa pemberitahuan. bolos, dan tak pernah kembali. tapi keempat anak ini tidak.

ternyata, mereka minta ijin ke bapak saya ada maksudnya. usut punya usut, mereka masih ingin sekolah. tapi karena mereka tak bisa berharap banyak pada orang tua, mereka berharap bapak lah yang mencarikan solusinya. diskusi dengan mereka menghasilkan sebuah kesepakatan: mereka tak boleh keluar, bapak yang akan mencoba mencari jalan. berbekal pengalaman, biasanya hal seperti selalu bisa diatasi. lha kok, ndilalahnya saya pulang kampung. jadilah saya yang ketiban sampur. bapak minta bantuan saya. nah, karena saya juga tidak tahu pemecahannya, saya bikin pengumuman ini saja. sampeyan yang baca blog ini saya kasih tanggung jawab juga. hehehe.

situasinya kira-kira begini. sebenarnya tiap murid sudah mendapatkan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah. tapi karena murid yang mendapatkan BOS ini banyak, sehingga masih terjadi kekurangan biaya sebesar 8 ribu rupiah per orang per bulan. masih di tambah biaya 2 kali ujian mid semester (20 ribu/ujian) dan dua kali ujian semester (25 ribu/ujian). total jendralnya 186 ribu setahun. itu belum termasuk biaya seragam, sepatu dan buku (item terakhir biasanya bisa dianggap diabaikan). lumayan.

proposal yang empat anak ini ajukan ke bapak, mereka minta dicarikan orang yang mau diajak maro kambing. mereka memelihara kambing betina dan hasil anakannya akan di bagi dua, sementara modal pokoknya tetap menjadi pemilik modal. untuk mencapai BEP, paling tidak mereka membutuhkan dua kambing. pertimbangannya, selain hasilnya kurang maksimal, jika hanya satu induk dan beranak hanya satu dalam setahun, membagi duanya menjadi sulit. kemungkinan tidak beranak? ada, tapi sangat jarang terjadi. setelah dua tahun, pemodal bisa mengambil modal awal plus kambing anakannya.

kambing yang biasa dipelihara di desa kami adalah jenis kambing jawa. harga kambing dewasa yang siap dibuntingi saat ini sekitar 800 ribu. jika dalam setahun sudah beranak satu, setahun kemudian cempe (anak kambing) ini berharga sekitar 400 ribu. jadi, dalam setahun kira-kira menghasilkan 200 ribu. cukup lumayan untuk membantu biaya sekolah. sering juga terjadi kambing melahirkan dua ekor, tapi jarang sekali sampai tiga. jika pun sampai melahirkan 3, biasanya salah satunya akan mati karena sang induk tak mampu menyusuinya. soal hitung-hitungan untuk kemungkinan lain, silahkan kalkulasi sendiri.

namanya juga mahluk hidup, mereka membutuhkan makan. soal memberi makan rumput, mereka bisa menggunakan waktu sepulang sekolah untuk menyabit rumput barang sejam hingga dua jam. pilihan menyabit rumput dan bukan menggembala, didasarkan pada efisiensi waktu. sedang di pagi hari kambing tidak perlu diberi makan, cukup memamah biak hasil makan dari siang hingga malam hari.

sisi negatif dari maro kambing meskipun sangat jarang terjadi, seperti umumnya mahluk hidup, kambing mungkin saja mati. dalam hukum maro, kambing mati ya sudah. artinya, si pemodal merugi, si pemelihara juga tidak mendapatkan apa pun. semoga saja tidak sampai terjadi.

nah, sekarang saya tawarkan pada saudara-saudara. siapa mau menjadi investor? mumpung lagi dekat ramadhan lho. yang kata pak kyai-kyai amalnya akan dihitung berlipat ganda. maro boleh, zakat pun diterima. berapapun jumlahnya.

NB: saat ini sudah ada 4 kambing yang disumbangkan para investor. bagi yang berminat atau hendak mengetahui infonya, silahkan hubungi saya lewat jalur pribadi.

31 komentar:

langit mengatakan...

kulo namung urun dongo ngih mas..

Bangsari mengatakan...

#langit: matur nuwun mba...

nukman mengatakan...

saya makmum bangsari saja deh. Ikutttt.

Bangsari mengatakan...

#Nukman: matur nuwun pak. dipun catet.

fatur mengatakan...

critamu mengingatkanku pada kisahku waktu kecil hehe.
tapi buka bagian yang sedih. bagian ngingu wedus alias kambing. saya punya seekor. berkembang biak jadi 4. karena cinta, waktu dijual, saya nangis berhari-hari...oalah....

Fany mengatakan...

ikut...kebetulan buat byr nadzar :p
nanti tak japri SMS deh *meh tuku pulsa sik*.
hehe..

de mengatakan...

wah nek urun wedhus ra kuat mas... urun receh wae. entuk ra?

Bangsari mengatakan...

#fatur: ning samoeyan kan endinge bahagia to?

#fany: manstab, ditunggu.

#de: lha yo entuk wae. jenenge wae sumbangan.

mpokb mengatakan...

hehe, kirain menyumbang kambing ke sekolah buat belajar. sekolah anak2 sekarang kan suka gitu, miara hewan buat belajar :)

koeaing! mengatakan...

boeng, kowe oeboengin ik di koeaingdiandjingkeunsiah@gmail.com kassie kowe poenja rekeniing BCA poen...

tito mengatakan...

wah idene apik njaluk bantuan lewat posting. Belon bisa bantu finansial, saya bantu koar-koar saja kang.

kenny mengatakan...

juragane duwit wes nibak'ke sampur durung ki?

Bangsari mengatakan...

#mpokb: emang kambing bisa belajar mpok? hehehe

#koeaing!: soedah ik kassie itoe email boeng.

#tito: sip, thank dok.

#kenny: insyaallah saya nyumbang 1 kaming bude...

mit@ mengatakan...

yep sounds gud..

insya ALLAH melu urun..

[kalo bisa di poto wong wong'e sing minta bantuan iku...ben tambah ok]

escoret mengatakan...

No rek mu opo..???
japri aku yoh..???

pepeng@escoret.net

wokehh....

Bangsari mengatakan...

#mita: ide bagus, tapi belum bisa sekarang, kampungnya jauh. insyaallah akan ada report setelah lebaran.

#escoret: done, sudah dikirim mas ke tujuan.

imyyuut mengatakan...

pengin melu urun.. tapi nduwene cuman receh.. gek cuilik2.. pisan...
:">.. isin akuw...

Pinkina mengatakan...

program ini sangat bagus sekali, cuman kl nyumbang 1 kambing kyk'e masih berat /*ngeles

usul saran:
gimana kl smpyn yg koordinir mas bangsari?? setiap anggota BHI nyumbang dlm jumlah yg sama/seikhlasnya trus dibeliin kambing, ntar setahun kemudian kl ada anaknya dibikin kambing guling aja rame2 di BHI :D itupun kl anggota2 BHI masih ada :D

Bangsari mengatakan...

#viving: usul bagus. suk tak lempar ke majelis hi.

Pogung177 mengatakan...

... ak tertarik urun kang...
hubungi ak ning: maswawan [at] pogung177.com

tak tunggu emailnya

Bangsari mengatakan...

#pogung177: sudah tak email mas.

Ndoro Seten mengatakan...

Welha lha aku mung bocah angon je, dijaluki sumbangan nggadhoh wedus.....lha wesuse sopo nDoro?

mei mengatakan...

meluuuu...ndonga =)

elly.s mengatakan...

pengen ikutan mas...
ngomong sama suami dulu ya..
tapi kita sudah ada royek yg sama tiap bulannya..
recehan boleh?
minta no rek nya dong?
ntar aq sms ya...

elly.s mengatakan...

proyek maxute

mr.bambang mengatakan...

Insya Allah ntar malem akan ikut ngluruk ke BHI ikutan muktamar blgger

syamsul mengatakan...

weleh2 ada ya yg kyk gitu..
http://masjoko.blogdetik.com/

Ipoul Bangsari mengatakan...

@syamsul: ini program dah setahun lebih mas. alhamdulillah yang bersangkutan sudah mendapatkan bantuan. sekarang panitia sedang memantau perkembangan di lapangan.

Anonim mengatakan...

certify shiv ninth shore spurred leash strengthen analyzed contracts itself connecticut
lolikneri havaqatsu

日月神教-任我行 mengatakan...

走光,色遊戲,情色自拍,kk俱樂部,好玩遊戲,免費遊戲,貼圖區,好玩遊戲區,中部人聊天室,情色視訊聊天室,聊天室ut,成人遊戲,免費成人影片,成人光碟,情色遊戲,情色a片,情色網,性愛自拍,美女寫真,亂倫,戀愛ING,免費視訊聊天,視訊聊天,成人短片,美女交友,美女遊戲,18禁,三級片,自拍,後宮電影院,85cc,免費影片,線上遊戲,色情遊戲,日本a片,美女,成人圖片區,avdvd,色情遊戲,情色貼圖,女優,偷拍,情色視訊,愛情小說,85cc成人片,成人貼圖站,成人論壇,080聊天室,080苗栗人聊天室,免費a片,視訊美女,視訊做愛,免費視訊,伊莉討論區,sogo論壇,台灣論壇,plus論壇,維克斯論壇,聊天室

ASKEP mengatakan...

selamat acaranya telah berhasil dengan baik
semoga kegiatannya di balas oleh Allah SWT