15 Agustus 2007

libur lagi

aha! libur 3 hari lagi. lumayan untuk rehat sebentar dari kemrungsung njakarta. pulang ke keheningan bangsari. menghirup oksigen hasil pernapasan pohon-pohon sekitar rumah. merasakan tiupan angin di perbatasan sawah-desa sembari menanti kesempatan mencuri timun. ah, tapi itu dulu. sekarang, cukup seribu maka perutmu bisa pecah kepenuhan.

memanjakan diri tanpa komplain pemesan wedang yang alasannya itu-itu saja: kurang manis lah, kurang panas lah, kurang kentel lah. sebaliknya: gulanya sedikit saja, kepanasan, atau encer saja ya. belum lagi: gelasnya yang keramik tipis, jangan gelas kaca, lepeknya harus bersih. tisunya dong! emangnya aku jongosmu?

tanpa bunyi telepon. tanpa dokumen-dokumen pesanan wedang dan ubo rampenya. hp tanpa sinyal.

tidur hingga tengah hari, kecuali ibu membangunkan untuk sekedar makan atau sholat. hingga saat bangun, kepala menjadi berat kebanyakan tidur. ha ha ha. menengok keluar, mentari berada di atas kepala. menjemur badan sebentar di bawah pohon anggur di tengah taman supaya tak kedinginan saat diguyur air.

sekeluar dari kamar mandi, menengok hasil karya ibu di dapur sepagi penuh. santan lumbu kobis, pecak lele, sambal goreng belut pedas dengan sedikit santan, sambel goreng udang, dan sebaskom es kelapa muda.

mendinginkan kepala sejenak di kampung. membuang beban akibat terlalu banyak diteriaki: "dimana otakmu?". huh!

alangkah nikmatnya... eh, 17-an ya?

18 komentar:

kw mengatakan...

pulang kampung emang mewah. sayang aku tak kebagian tiket bengawan yang tiketnya 35 ribu sekali jalan.

yang masuknya berebutan, tanpa nomor antrian dan nomor kursi

karena aku tetap disini, aku akan tetap menikmati meskipun sendiri. :)

ati-ati dab.. salam cimplung

http://bahtiar.web.id mengatakan...

muleh pancen penak ....

sekedar duduk dipinggir sungai sambil mencelupkan kaki sebatas pergelangan

duh ... nikmeh bener ...

Anang mengatakan...

gambare apik tenan paklik....

Hedi mengatakan...

Berbahagialah yang masih bisa pulang kampung, aku dikebiri sepakbola Pul :D

Evi mengatakan...

duh enake..... yang masih bisa menikmati kebebasan dan kemerdekaan dalam kesendirian.

kadang aku merindukaan saat2 seperti dulu lagi, tiap bulan bisa pulang kampung.

sekarang....? mana bisa!

maka, selagi bisa nikmati dulu sepuas2nya mas Ipul.

Pinkina mengatakan...

rencananya mau hanimunn, tapi gak bisa. 3 hari liburan suami harus stand by di kantor. Pindahan kantor. Harus mindahin server2. Malem ini suami juga harus nginep di kantor. Huuuuuuuuuhhhhhhhh.........i hate this long wikend X-(

mei mengatakan...

wahhh...nduwurku curhat..hehe

met liburan mas, semoga mbalik jakarta tambah fresh dan segar isi otaknya...

pitik mengatakan...

oleh2e ojo lali dab..

langit mengatakan...

@pinkina : sak no men to nduk :D

ati2 dijalan,salam kagem Ibu,Bpk kaliyan sederek ingkang wonten Bangsari,menawi bade mampir Semarang ampun kesupen oleh2ipun :)

omith mengatakan...

plan pul-kam ku batallls..hiks
gpp nanti cuti pul-kam :D

hmm bawain sebaskom kelapa muda ya.. hihihi..:p


[pul-kam: pulang kampoeng]

Fany mengatakan...

Selamat pulang kampung...
huhuhu aku rindu ritual mudik (lha wong saiki wis ning ngomah) :p

Oleh2 donkk... :D

Luthfi mengatakan...

iyo
aku dadi kepengen muleh juga
wes suwe aku gak muleh, terakhir sasi januari wingi
pdhal biasane aku muleh setaun minimal ping 3 :-(

koncoku sak lab malah enek sing luwih parah, terakhir muleh pas lebaran id fitri taun wingi

de mengatakan...

aku mulih ben dino :D

wku mengatakan...

halah kok malah muleh...???

rogebon mengatakan...

jebule bali tho...

MaNongAn mengatakan...

MaNongAn is the Best !!

509 = liMA NOl/kosoNG sembilAN
MaNongAn = Makan Nongkrong Ngantuk

.:: he509x™ ::.

nukman mengatakan...

weeeeh.. saya juga kembali ke newyorkarto hadiningrat... ngrayen mobil baru..hehehe

Muhamad Zarkasih mengatakan...

hahahaha, harus nya klo di teriki seperti itu bilang aja pul, ya klo blom pindah ya masih di sini *menunjuk ke kepala* yang sabar bo orang sabar di sayang Gusti