16 Juli 2007

Al Qur'an maya di Yahoo Messenger

Saya memang ketinggalan jaman. Baru tahu kalau ternyata di Yahoo Messenger ada menu Al Qur'an. Itupun karena di beritahu mas KW alias fanabis. Masih menurut mas KW, sebenarnya lebih tepat disebut chat dengan al-Quran maya. Kok bisa? Pokoknya begitu. Sampeyan coba saja sendiri. Lha wong saya juga cuman dikasih tau je. Trus caranya bagaimana? ikuti cara berikut:
  1. Klik ikon untuk menambah kontak YM anda {add a contact}. Kemudian pada kolom yang disediakan ketik "quran.noble" . Selanjutnya anda tinggal ikuti petunjuk lainnya seperti biasa.
  2. Kirim pesan dengan format:
quran spasi bahasa yang anda pilih spasi nomor surat : nomor ayat

Contoh :
Untuk mengetahui terjemahan Al Fathihah ayat 1 sampai ayat 3 tinggal ketik di kolom pesan sbb: quran id 1:1-3

Untuk Bahasa inggris, ketik en pada pilihan bahasanya.
Mudah sekali.

Saya jadi membayangkan, jika suatu saat semua hal didokumentasikan dengan bantuan teknologi, apa ndak malah jadi bumerang buat para pemeluk agama? Kemudahan sepanjang saya tahu cenderung membawa pada kemalasan, menurunkan daya juang. Semakin sedikit para penghafal Al Qur'an, bahkan Juz 'Amma. Lha wong buka YM saja bisa, software pendukung juga banyak. MP3 bacaan tartil juga tak terhitung, bahkan bajakannya di Glodok sana tak kurang-kurang bersanding dengan vcd filem dewasa. Ngapain susah susah? Serahkan saja pada gadget! Praktis dan nyaman.

Lha, kalo semua diserahkan pada gadget, nanti yang masuk surga gadgetnya dong... Benar lah kata simbok di kampung, kiamat semakin dekat.

Emang kenapa kalau kiamat?

11 komentar:

rogebon mengatakan...

berarti mempermudah beribadah tapi mempersulit dapet pahala ya?

kw mengatakan...

lah itu semua kan cuman alat mas. tak penting gimana caranya kita dapat info, yang lebih penting adalah "output" nya! :)

aku juga dapat "ym" an dari teman aja ko. kata lutpi malahan dah basbang!

Anang mengatakan...

bagus sekali tuh

Pinkina mengatakan...

basi mas :D tp gpp kok, drpd gak posting :D

kenny mengatakan...

baru tahu jg nih :D

iway mengatakan...

hehehe, di masjid ada tuh kajian terjemah tiap kamis habis dhuhur

Luthfi mengatakan...

http://luthfi.wordpress.com/2007/04/07/quran-di-yahoo-messenger/

april 2007

DenaDena mengatakan...

Aku jg baru tau :D

ely meyer mengatakan...

suwun infonya ya.

apa kabar mas Ipoul? di tempatku lagi musim panen nih....petani2 lagi sibuk memanen ladang gandum mereka dgn traktor raksasanya :)

kapan nih pit2 an bareng2 sama sampeyan, mas Bahtiar dkk? ^_^

omith mengatakan...

wa.. radjin ap det ..
*manggut2*

mr.bambang mengatakan...

Sekarang kan memang teknologi begitu canggihnya. Sehingga Al-Qur'an itu bisa menjadi aplikasi yang bisa dimasukkan di ponsel. Nah disitulah kelemahannya. Karena kita tahu Al-Qur;an itu kitab suci yang tidak boleh dibawa ke toilet. Dan ketika ada aplikasi al-quran yang diinstall di ponsel dikantongi dan dibawa ke toilet???????