18 Januari 2007

Bahasa inggris kaget

Sehabis badminton semalam, saya jalan kaki pulang ke kosan. Badminton kali ini benar-benar menguras energi, membuat saya lunglai dan lapar. Depan pintu pabrik, saya berhenti. Di tempat mangkalnya tukang-tukang ojek yang remang-remang itu, tukang bakmi goreng juga ada disana. Bakmi goreng pedas saya pesan dari si abang. Beberapa orang yang antri mengharuskan saya sabar menanti. Tak apalah. Toh, saya juga tak terburu-buru.

Sambil menunggu, saya duduk lunglai kecapaian. Bengong. Menikmati sensasi aliran darah yang lancar kembali selepas olah raga tadi. Saat yang selalu sangat saya nikmati.

Di samping saya, seorang tukang ojek sedang menunggu giliran makan juga. Tampaknya hawa dingin sehabis hujan membuatnya lapar.

"Assalamu'alaikum. How to Sarinah? Supermarket?".

Deg! Busyet! Siapa nih? Seorang lelaki yang kelihatannya berdarah arab berperawakan sangat tinggi besar yang entah datang darimana, tiba-tiba berada tepat di hadapan kami. Saya terpana dan bingung.

Belum juga kembali kesadaran saya, ia kembali menanyakan hal yang sama pada kami. Si tukang ojek disamping saya langsung tanggap. Dasar tukang ojek, bukannya ditunjukkan malah menawarkan jasanya.

"Ojek oom?"

Ha? Maksudnya apa tuh?

Si lelaki yang bersama seorang wanita berjilbab (berwajah arab juga), kebingungan tak mengerti maksud si tukang ojek. Begitupun si tukang ojek. Keduanya bingung. Komunikasi bahasa verbal pun berubah menjadi bahasa tubuh disertai mimik keduanya yang lucu. Semua berjalan dengan sangat cepat dan spontan. Saya tertawa geli menyaksikan dua budaya sedang saling mencoba berkomunikasi.

Tak hilang akal, si lelaki berpaling ke saya.

"Sarinah? Supermarket?"

Tentu saja saya yang sedang
ngelangut jadi gelagapan tak karuan.

"Mmm...Mmm... Oh. You go there, and in the red light you turn right. Do you understand?"
"I see, i see. Thanks a lot. Assalamualaikum"
"Wa'alaikum salam"

Weks, ngomong apaan saya tadi? Masa bodo ah, yang penting dia paham!

Moral dari cerita ini: Jangan pernah bergaul dengan tukang ojek!

29 komentar:

thuns mengatakan...

bwakakaka...
ketoke luwih ambyar nek gaul karo kowe je kang!

bule ireng mengatakan...

he he he ... top mar ko top dab :)

iku seng jenenge "kros mining" ...

ga perlu "strakcer" utowo "grEmEr" ...

seng penting dewe'e ngerti lan ora keblasuk ...

:)

irwan mengatakan...

'in the right light' kang?
kekekekeke....
mujarab, itu orang arab ya manut ae je... :P

bebek mengatakan...

lohh... gaulmu kiy karo kang bahtiar, aku plus kang endiks... mosok kita bertiga dianggep tukang ojek?? doooh... :p

Bangsari mengatakan...

#thuns: halah. kowe yo ambyar ngono lho. makane aku diajari boso enggres. piye?

#bule ireng: wis mbuh. pokoke podo ngertine.

#irwan: lah mbuh ki. mangkane kuwi aku kemekelen dewe.tapi herane, kok nganggo matur suwun barang lho...

#bebek: tenang kang, aku ra bakal mbayar karo sampeyan kok. ben beda karo tukang ojek. oke?

agak nggreges mengatakan...

waduh ampun dah kalo basa inggris. aku isone jowo karo meduro thok :D

Hedi mengatakan...

As a ojek rider, please don't insult my colleague, do you understand? hahahaha

Bangsari mengatakan...

#agak nggreges: mending sampeyan bune. saya malah jowo thok. sampeyan nggreges kok ya dolan-dolan aja? ndang mulih kono...

#hedi: kalo gini saya paham mas. kan iso mbuka kamus.net. he..he..he..

k winarta mengatakan...

huaaaaaa... apik mas. ayo belajar bareng, di menara cakrawala kayaknya ada tawaran menarik.... aku lupa namanya:)

gita mengatakan...

loh moral storyna itu bukannya, jgn punya tampang yg kek tukang ojek mas *ngloyor pergi*

Ely mengatakan...

good morning selamat pagi
klambi kuning menarik hati ^_^
nyambung ra mas Ipoul?

cenil mengatakan...

wah diskriminasi karo tukang ojek ki, mosok gak entuk gaul seh :D

dirac mengatakan...

kalo bergaul dengan tukang becak gimana, Bang?

kawula alit mengatakan...

sakjane ra usah dijawab, kowe ujug ujug njoget, malah wong arab kuwi mbaleni pitakonane nganggo boso kromo..

mei mengatakan...

yen mbok jawab ngene piye yo kang kiro2...

Iam sori mister, Iam mboten andestand...hihi

Mbilung mengatakan...

Ipoul, ojo ngomong enggres ... gondhongen kon, golek blau angel.

Moes Jum mengatakan...

wakakaaaakk ... awakmu iku mending nyambi tukang ojeg nggo Wong Arab utawa Nigeria wae. Koyone cocok ...

Fany mengatakan...

kenapa judulnya gak pake 'mendadak' saja kayak judul terdahulu,
jadi mendadak english :p *rak pantes ya*

luthfi mengatakan...

Judule kurang pas
--- mendadak nginggris wae :-)

elly.s mengatakan...

Dear mas bangsari; kalo difikir2 apa ya yg salah dari sistim pelajaran bhs inggris kita?

Lha disini pernah saya ngeliat bule yg jg kenalan saya lg beli sayur. Saya deketin diem2 takutnya si tukang sayur ra mudheng (sok pahlawan). tapi dgn wajah tenang si tk sayur ngeladeni n njawab n ngitung n nyosoki si bule tanpa salah...
Moral: tukang sayur disini aja bisa ...

Atniga Tayadih mengatakan...

Hahaha. Diajak ngomong Jowo wae opo yo.

passya mengatakan...

itu arab abis darimana sih...

a l i mengatakan...

aku juga pernah ketemu kejadian lucu. waktu itu bos jepang nanya ke OB "where is Mr. Dadang" trus si OB jawab "He is new go"trus si jepang manggut-manggut.. ;p

pesan moral : ilat njowo kok kon ngomong inggres.. ;p

kemenggres pol mengatakan...

wah sampeyan huebat, bisa ngomong enggres sama orang yg nda ngerti enggres sekaligus mengusirnya. ha..ha.. Ndang di emplok mi ne...

jt mengatakan...

inilah hasilnya bahasa inggris bangjo yogya... :)

pitik mengatakan...

lha sakjane arab-e iku ngerti opo bingung tho?biso wae malah bingung..trus minggat wae..tinimbang malah mumet..mungkin ngono ning pikirane arab iku

bagonk mengatakan...

wekekek... disangka tukang ojek ya...

ulin mengatakan...

wah..untung ada bagsari...kalo ga.. si Arab jadi mangsa tukang ojek tuh...:)

badminton mengatakan...

suka badminton juga ya pak? biasa single atau double nih?

maaf orang baru