11 Desember 2006

Kabar seorang kawan

Seorang kawan lama di Jogja menelepon, mengabarkan kampus mengijinkannya untuk menyelesaikan skripsinya.

Sebut saja dia MK, seorang aceh yang ikut merasakan dampak tsunami secara tidak langsung. Saat peristiwa tsunami terjadi, dia baru seminggu datang dari Aceh. Kabar keluarganya tak pernah jelas hingga kini.

Sejak itu dia menghilang dari dunia kampus, seingat saya lebih dari satu semester. Saat mentalnya siap, pihak kampus menolak ijinnya untuk aktif kembali dan menyelesaikan skripsinya. Alasannya, masa kuliahnya telah melewati batas. Nasibnya kini menggantung.

Lobi dekan dan wakil rektor sempat dia lakoni. Tapi lagi-lagi terbentur masalah administratif. Pihak universitas beralasan hal ini menjadi wewenang fakultas dan fakultas mengatakan ini wewenang jurusan. Sementara jurusan merasa tidak berwenang memberi ijin. Berputar-putar tanpa penyelesaian.

Entah ada angin apa yang berhembus, tiba-tiba saja minggu lalu pihak jurusan memanggil kembali mahasiswa-mahasiswa abadi termasuk MK. Ada ijin dari rektor, begitu yang saya dengar.

Masalahnya kemudian, biaya yang harus ditanggung teman saya ini tidak sedikit. Uang SPP yang tertunggak beberapa semester, uang kompensasi melewati masa studi dll. Kalo tak salah, totalnya sekitar enam jutaan rupiah lebih.

Teman saya bingung hendak kemana mencari uang sebanyak itu. Saya yang ditelepon juga tak kalah bingung.

Saya jadi membayangkan, seandainya kita memiliki lembaga sosial yang memadai. Seandainya...

26 komentar:

kenny mengatakan...

wes biasa kuwi klo gak masalah admin yo dhuwit...
Disini malah byk mahasiswa yg dah lulus gak ngembaliin uang pinjaman lho(sing penting lulus, urusan dhuwit...belakangan), seandainya saja...

evi mengatakan...

nasibnya nyaris sama dgn adikku, pdhl skripsi tinggal bab 5 (dosen pembimbing susah ditemui kebanyakan proyek diluar kampus) masa kuliah habis, jln satu2nya pindah extension tp hrs byr 7 jt. Adik dah nyaris jual motor utk bayar, tp alhamdulillah krn dia aktif di salah satu organisasi akhirnya dibantu oleh kakak2 klsnya yg jd dosen dikampus itu akhirnya dia bs ikut ujian skripsi itupun stl dipertemukan dgn dosen pembimbing, ketua jurusan dan dekan.

mei mengatakan...

gak tau musti comment apa, semoga lancar deh temannya...

dinas sosial??kalau ada aku yakin akan ada banyak nasip2 pelajar dengan prospek bagus yang membutuhkan bantuan...

luthfi mengatakan...

setuju ama Kenny, mending kadang juga menghadapi muka masam staf :-(

bebek mengatakan...

kasiyan sih dia... sudah jatuh tertimpa tangga pula...
solusinya gimana tuh ya?

Nananging Jagad mengatakan...

Ya memang seharusnya JER BASUKI MAWA BEA.....namun apakah benar jika pendidikan yang merupakan hak dasar yang harus dipenuhi negara kepada setiap warganya sebegitu rendah dikomerisialisasikan???Kemudian bagaimana mutu pendidikan yang dihasilkan dari proses yang kapitalis semata-mata?Duh Gusti Jagad Dewa Batara.........

k winarta mengatakan...

dulu bukanya ada program pemerintah kuliah gratis untuk mahasiswa aceh yang kena tsunami?

apakah kabar ini tak sampai ke beliau mk?

semoga Tuhan segera memudahkan semua urusan mk.

Bangsari mengatakan...

#kenny: jebule dimana-mana sama. admin dan duit. tapi saya belum pernah dengar ada pinjaman utk mahasiswa di alamamater saya tuh.

#evi: untunglah adik mba akhirnya bisa lulu.

#mei: amin...

#luthfi: betul

#bebek: nah itu dia. saya belum tahu solusinya. ada ide?

#nananging jagad: sendiko dawuh ndoro. njur pripun si meme niki?

#kwinarta: info itu sudah sampai. tapi masalahnya, aplikasinya tidak jelas dilapangan. duh!

pitik mengatakan...

mahasiswa abadi?lha kok koyo aku dulu..tapi aku kena Tsunami otak, jadinya skripsi ga selesai2...apakah ga bisa minta bantuan ke alumni?KAGAMA kan besar mas...pasti duitnya juga banyak

Bangsari mengatakan...

#pitik kuliah: berani taruhan, lebih lama dia dari sampeyan. kalo dihitung semua, sekarang dia memasuki tahun ke 10 hampir ke 11. abadi sekali to? he..he..

idenya oke tuh, coba nanti tak cari info.

-gt- mengatakan...

biasanya di kampus2 kan nyediain itu mas, bantuan2 bayaran spp gitu, ato klo ga via alumni fakultas dia, masa si ga ada yg nolong?

nek ning kampusku biyen, skripis ae entuk bantuan kok :D

Ely mengatakan...

apa kabar mas Ipoul?

jt mengatakan...

beasiswa yang dulu itu masih available nggak pak?

Bangsari mengatakan...

#gt: seharusnya sih gitu. ning.... uakeh pol alasane.

#ely: baik mba. habis pulang kampung kah?

#jt: lah yo mbuh kuwi, aku ora penak takon bos besar. wingi si oknum tak suruh telpon para cantrik di mampang tapi belum ada kabarnya.

koeaingdgendhengkeunsiah! mengatakan...

itoela koelija di Oost-indie, bikin bloedruug poen....

Bangsari mengatakan...

#koeainggendengkeunsiah: koelija bikin bloedruug, tijada koelija idoep sengsara slamanjah poen. tijada kerdjaan...

dirac mengatakan...

harusnya ada kompensasi buat MK, apalagi keluarganya di kampung sedang dirundung musibah. Tapi ya itulah Indonesia Bang, bantuan untuk gempa saja sekarang malah pating slundit :(

MaIDeN mengatakan...

... andai daku konglomerat dan kebetulan suka ngeblog dan kebetulan lagi singgah di blog ini ...

... andai .... :)

Hedi mengatakan...

Kelihatan banget bahwa pendidikan masih jadi barang luks di sini. Mau sekolah aja kok susah ya :(

bagonk mengatakan...

lha saya malah heran... koq bisa-bisanya kuliah sampai 11 tahun...

elly.s mengatakan...

Kasian...mungkin kita cuma bisa bilang begitu...
Apa kita nggak bisa ngasi jalan keluar yg lebih realistis...
Dari 20 rang yg ngasih komen patungan Rp.100.000 udah 2 juta...
Gimana dgn anggota angkringan Hi yg katanya anggotanya 100an..
Yok kita jangan ngomong aja..Saya mulai dulu ya...
Kirim kemana?

koeaingdikoelijahkeunsiah! mengatakan...

ik anggap koelija itoe satoe oedjijan idoep sahadja poen....

kolija oedad oedoed itoe poen mengatakan...

koelija itoe tjoema 'mampir ngombe', bali bali, mbajar itoe ombenan..

Bangsari mengatakan...

#Elly.s dan semuanya: Alhamdulillah sudah ada seorang bos besar yang bersedia membiayai si MK ini. saya ikut senang...

Putri mengatakan...

Alhamdulillah, ada org yg berhati mulia, mau membantu meringankan beban MK ini.

Semoga cepet selesai kuliahnya,... dan dapat nilai yang bagus.

*Jadi inget sndr, hrs cepet2 nyelesain kuliah jg nih*

MaIDeN mengatakan...

Dari tadi mau kasih pesan nggak bisa publish ... error mulu ...
Mudah-mudahan sekarang dah bisa ..

Cuma mau kasih info, fasilitas komen dah diperbaiki ... try again OK ..