27 Juli 2006

Mendambakan bank impian; Balada pekerja kelas bawah

Tidak dapat dipungkiri, kemajuan jaman juga berimbas pada perilaku pekerja kelas bawah seperti saya. Terutama yang berhubungan dengan uang dan penyimpanannya. Sudah sangat tidak masuk akal untuk ukuran sekarang, menyimpan uang dibawah bantal maupun lemari pakaian.

Bagi saya, uang dalam bentuk tunai mendatangkan masalah psikis yang sulit saya atasi. Kekhawatiran dan kecenderungan hidup boros. Akibatnya, penghasilan yang tidak seberapa tersebut menguap begitu saja tidak berbekas.

Di bangku SD dulu, guru mengajarkan: "Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya". Bagi saya, menjadi pandai dan kaya adalah mustahil! Rekam jejak di sekolah jelas mengindikasikan saya termasuk golongan rata-rata kebawah. Secara ekonomi, saya juga tidak pernah dan tidak bercita-cita menjadi kaya. Keinginan saya sangat sederhana, bisa menyisihkan sebagian penghasilan yang saya terima dalam bentuk tabungan.

Celakanya, orang-orang seperti saya, yang bekerja untuk melayani orang, selalu didesak waktu dan lebih sering menerima bayaran dalam bentuk tunai, tidak memiliki waktu untuk sejenak keluar sekedar menyetor uang ke bank pada jam kantor. Waktu kerja yang masuk sebelum orang kantor datang dan keluar setelah mereka pulang, semakin menegaskan betaqpa susahnya berhubungan dengan institusi itu.

Saya bermimpi, tentang sebuah bank yang bisa melayani sampai malam bahkan kalau mungkin 24 jam. Jika kantor pos saja bisa, mengapa bank tidak?

Adakah bank seperti itu?

14 komentar:

tifoso mengatakan...

wah... rasanya kok tidak ada... mendingan berangkat ke bank-nya waktu istirahat makan siang aja... :)

Hedi mengatakan...

mungkin e-banking harusnya bisa juga menerima incoming payment ya (bukan transfer aja).

masalah sampeyan sama dg saya, mas :(

ipoul_bangsari mengatakan...

buat mas bagongk: ye... mana ada bank buka jam makan siang?

buat mas hedi: kirain saya doang mas. asyik juga punya teman senasib nih. kalo boleh tau jalan keluarnya gimana mas?

mpokb mengatakan...

lho, jam makan siang bukannya petugas gantian berjaga yak..?

MaNongAn mengatakan...

rata-rata bank buka dr jam 8 pagi s/d jam 3 sore.

iya, lagi bayangin .... gimana kalo mereka (bank) menyediakan jasa pengambilan & pengiriman yah ?(antar-jemput bola) *garuk²*
setidaknya kita jadi aman kalo mau setor duit agak banyakan.

-=he509x™=-

senglagikambrukankerjaan mengatakan...

tapi bukanya sekarang udah ada atm bca yang buat setor?
tapi masalahnya kalo punyanya rekening bri gmn dunk.. ;p

Moes Jum mengatakan...

sing memang bener2 24 jam itu ya cuman satu saja ... Bank_Ipoel

Bangsari mengatakan...

Buat Mpok: masa ada yang buka sih? setahu saya jam makan siang juga tutup tuh? lagi pula keluar makan siang pun susah buat aya. :(

Buat Mas Manongan: anda lebih maju dari saya. saya cuma pengin bank yang buka malam, anda sampai mikir bank keliling. hebat!

Buat Bang Ali:Pokoknya pusing dah...

Mas Mos Jum, anda bisa aja. hee.he..

Ely mengatakan...

jangan suka merendah bang, pegawai bank di kota kelahiranku selalu disebut pegawai kelas atas lho

Nggak di transfer saja bang?

aribowo mengatakan...

napa gak titip ama orang yang bener bener di percaya aja buat nyetor uang nya

dihantuiTUHAN mengatakan...

Bikin simpel aja Bung Ipul... Klo gara-gara pekerjaan kantor sampeyan sampe harus mimpi-mimpi soal bank yang buka 24 jam, mbok coba dibalik, bagaimana klo mimpinya soal pekerjaan kantor yang membolehkan sampeyan datang kapan saja jam berapa saja, mau ke bank bisa, mau ngelencer ke Taman Mini bisa, mau ke Ancol bisa apalagi Monas, tambah bisa karena cedhak to ;p

Bangsari mengatakan...

Mba Ely, yang pegawai bank itu bukan saya. jangan salah sangka. mana mungkin saya jadi pegawai bank? bisa bubar tuh bank. he..he..

Mas ariwibowo, saya kan masih level kacung. mana mungkin punya orang kepercayaan. kecuali kalo levelnya sudah seperti mas ari. betul ndak?

mas dihantuituhan, idenya ayik tuh. ntar malam tak coba, mumpung liburan. he..he..

budibadabadu mengatakan...

mungkin bakal ada bank yang buka 25 jam sehari. haa? 25 jam sehari? kok bisa? iya, karena mereka bukanya satu jam lebih awal.

lily_love_apple mengatakan...

Lha, kan BCA skrg ini dah ada alat setor tunai di beberapa tempat pengambilan uang? asalkan duitnya ga lecek, maka setoran akan diterima dengan baik. Coba aja ;-)