26 Juni 2006

Anggota ketiga ondel-ondel Jakarta

Seperti ulang tahun yang sudah-sudah, tahun ini ondel-ondel Jakarta juga muncul secara massal saat kota metropolitan ini merayakan ulang-tahunnya yang ke 479. Menurut Wikipedia, ondel-ondel merupakan gambaran leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.

Ada beberapa hal yang menurut saya -sebagai orang non Jakarta- menarik dari ondel-ondel ini. Ondel-ondel selalu ditampilkan berpasangan lelaki-perempuan dan keduanya selalu berdampingan, tidak ada anggota yang lain. Saya selalu melihat si lelaki selalu berada disisi kanan perempuan, dan belum pernah saya dapati sebaliknya. Si lelaki selalu digambarkan bermuka merah, warna yang menurut saya menunjukkan kemarahan sedang si perempuan selalu digambarkan bermuka putih. Keduanya biasanya berpakaian dan berhiasan kepala yang meriah dan penuh warna.

Dari semua ondel-ondel yang pernah saya lihat, belum pernah saya dapati ondel-ondel yang beranak. Foto yang saya dapat dari mas Bahtiar ini mengatakan lain...


8 komentar:

pembaca setia mengatakan...

wah, kok wes go pablik ... :)

bagonk.net mengatakan...

weh... sejak kapan jadi pemerhati kota jakarta mas...? :)

anang mengatakan...

Mosok ondhel-ondhel punya anak, emange bisa kumpul kebo kayak orang.....bahkan ondel-ondel cepluspun gakpunya anak to?

@YU mengatakan...

kenapa ondel cowo selalu marah dan ondel cewe selalu putih pucat pasi ketakutan??
*bilangin suruh bikin anak ondel, biar dunia jadi meriah..semeriah kota jakarta..*

Ely mengatakan...

itu yg ditengah memang anak ondel2 ya? peragawan? ato foto model?

elly.s mengatakan...

Wah ganteng juga nak ondel2nya, kelihatan kurusan dari biasanya, apa karena emak n bapaknya yang terlalu gede.

ulin mengatakan...

Wah...sepertinya bisa juga nih jadi model...lumayan euy..kerja sampingan..:)

ariwwok! mengatakan...

ondel ondel lumut.. :p