23 Mei 2006

Liburan itu Menyenangkan, Tapi....


Kamis besok (25/5/2006), libur 4 hari dimulai. Seperti yang sudah-sudah, libur membuat banyak orang (termasuk saya dan semoga demikian juga anda) ikut senang.

Ternyata jumlah liburan kita banyak. Sebagai gambaran, daftar liburan selama tahun 2006 adalah: Libur lebaran, Idul Fitri, Idul Adha, Nyepi, Maulid Nabi, Kelahiran Isa Al-Masih, wafat Isa Al-Masih, Kenaikan Isa Al-masih, Waisak, Isra' Mi'raj, Libur peringatan kemerdekaan 17 Agustus, Libur peringatan momen-momen kepahlawanan nasional, Libur tahun baru (Masehi, Imlek dan Hijriyah). Semuanya ada 13 hari. Banyak ya? Eits... Tapi tunggu dulu. Itu belum termasuk libur cuti bersama lho.

Banyak orang bilang kalo indonesia sudah kebanyakan liburan. Dalam tahun 2006 saja, jumlah libur resmi ada 13 hari (seperti tersebut diatas) plus cuti bersama 6 hari. Jika cuti yang diambil digenapkan sesuai jatah 12 hari, libur yang diijinkan berjumlah 25 hari. Karena dalam seminggu hari kerja hanya 5 maka dalam setahun libur sabtu minggu berjumlah 108 hari. Jadi total libur selama tahun 2006 berjumlah 133 hari.

Bayangkan, 133 hari! Lebih dari sepertiga alias 36,38 % dari total 365 hari dalam setahun. Belum lagi jika bolos-bolos ikut dicatat. Semoga saya salah hitung. Silahkan dikoreksi dan selamat berlibur panjang...

1 komentar:

pekerja anyar mengatakan...

lho kerja sehat itu ... banyak libur-nya bukan banyak masuknya ... seng penting gawean rampung - semua puas :)